Konsep Pembentukan Akhlak Anak Usia Dini Menurut Ibnu Miskawaih

Nova Septia Eliza, 170210063 (2021) Konsep Pembentukan Akhlak Anak Usia Dini Menurut Ibnu Miskawaih. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Konsep Pembentukan Akhlak Anak Usia Dini Menurut Ibnu Miskawaih]
Preview
Text (Konsep Pembentukan Akhlak Anak Usia Dini Menurut Ibnu Miskawaih)
Nova Septia Eliza, 170210063, FTK, PIAUD, 082293054610.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dialami bahwasanya pada saat ini banyak bacaan, buku atau literatur yang masih minim membahas tentang akhlak terlebih konsep yang membahasa mengenai pembentukan akhlak anak usia dini, yang mana dapat memperkaya pengetahuan mengenai konsep akhlak yang dibentuk kepada anak usia dini. Ibnu Miskawaih merupakan filosof yang memusatkan perhatiannya terhadap akhlak, terlebih pada anak sejak usia dini sangat penting untuk membentuk dan ditanamkannya akhlak yang baik pada diri anak. Adapun konsep Ibnu Miskawaih untuk membentuk akhlak anak yakni dengan memberikan pedidikan syari’at Islam dan Psikologi pada diri anak agar ketiga daya yang ada pada diri anak yakni daya bernafsu (al-bahimiyyat), daya kebuasan/ keberanian (al-ghadabiyyat), dan daya berfikir (al-nathiqat) dapat berjalan dengan seimbang sesuai dengan kadar yang ada pada syari’at Islam sehingga menimbulkan sikap yang baik. Karakter yang dapat dibentuk pada anak yakni arif, sikap sederhana, berani, dermawan, adil dan cinta persahabatan dengan menerapkan metode alami, pembiasaan dan latihan, pujian, pergaulan, nasihat, dan hukuman. Dengan adanya pembentukan akhlak seperti yang dikonsepkan oleh Ibnu Miskawaih dapat membentuk generasi-generasi bangsa yang berakhlak mulia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Nova Septia Eliza Ova
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:32
Last Modified: 24 Nov 2021 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18878

Actions (login required)

View Item
View Item