Perbedaan Variasi Konsentrasi Pupuk Organik Cair Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Sebagai Penunjang Praktikum Fisiologi Tumbuhan

Risma Maulizar, 160207100 (2021) Perbedaan Variasi Konsentrasi Pupuk Organik Cair Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Sebagai Penunjang Praktikum Fisiologi Tumbuhan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perbedaan Variasi Konsentrasi Pupuk Organik Cair Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Sebagai Penunjang Praktikum Fisiologi Tumbuhan]
Preview
Text (Perbedaan Variasi Konsentrasi Pupuk Organik Cair Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Sebagai Penunjang Praktikum Fisiologi Tumbuhan)
Risma Maulizar, 160207100, FTK, PBL, 085362631029.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Eceng gondok merupakan (Eichhornia crassipes) merupakan tumbuhan akuatik yang secara teoritis dapat menyerap air dan unsur yang terdapat didalamnya sehingga dapat digunakan sebagai bioindikator. Tumbuhan air ini berkembang sangat cepat sehingga dianggap merusak lingkungan perairan dan dapat menyebabkan banjir. Eceng gondok dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair karena mengandung zat-zat seperti N, P dan K yang dibutuhkan oleh tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan variasi konsentrasi pupuk organik cair eceng gondok terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.), menghasilkan produk dari penelitian ini yang akan dijadikan sebagai penunjang pratikum fisiologi tumbuhan dan menganalisis modul. Penelitian ini dilakukan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 5 perlakuan dan 5 pengulangan dengan total unit sebanyak 25 satuan. Parameter yang diukur adalah tinggi batang, jumlah daun dan panjang akar tanaman pakcoy (Brassica rapa L.). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan anava dengan taraf signifikan 5% menggunakan SPSS versi 25. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi dan lembar validasi. Berdasarkan hasil analisis SPPS menunjukkan bahwa semua konsentrasi perlakuan berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tinggi batang dan panjang akar tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan jumlah daun. Hasil dari penelitian dijadikan sebagai penunjang pratikum fisiologi tumbuhan dalam bentuk modul pratikum. Hasil analisis kelayakan modul praktikum yaitu 85,4% yang berarti modul praktikum sangat layak untuk digunakan. Kesimpulan dar penelitian tentang perbedaan variasi konsentrasi pupuk organik cair berbeda nyata terhadap pertumbuhan tinggi batang dan panjang akar tanaman pakcoy tetapi tidak berbeda nyata terhadap pertumbuhan jumlah daunnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Risma Maulizar Risma
Date Deposited: 30 Nov 2021 02:06
Last Modified: 30 Nov 2021 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18926

Actions (login required)

View Item
View Item