Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar

Anirisa Latut Torikil Maviro, 201325188 (2017) Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Media Teka-Teki]
Preview
Text (Mengenai tentang Media Teka-Teki)
GABUNGAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan memilih media pembelajaran yang sesuai dan menarik perhatian siswa. Siswa akan merasa jenuh dalam menerima sebuah materi apabila hanya memperhatikan penjelasan guru tanpa adanya sebuah media dalam pembelajaran. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media puzzle yaitu suatu media yang dapat dirancang oleh guru dengan bahan dan alat yang sederhana untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian ini dengan judul “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa di Kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Data diperoleh dari observasi, pree-test dan post-test. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes. Sedangkan tehnik analisis data, peneliti menggunakan persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Hasil penelitian dari lembar observasi aktivitas guru pada siklus I (2.50%) termasuk dalam kategori kurang baik, pada siklus II meningkat menjadi (3.11%) dalam kategori baik, dan pada siklus III kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan menjadi (4.16%) yaitu dalam kategori baik sekali. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I (2.30%) dalam kategori kurang baik, pada siklus II meningkat menjadi (3.30%) dalam kategori baik, dan pada siklus III (3.38%) juga termasuk dalam kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata diperoleh sebanyak 5.55 dengan jumlah 13 orang siswa yang tuntas dan 21 orang siswa yang tidak tuntas pada siklus II nilai rata-rata sudah mengalami peningkatan menjadi 7.29 dengan jumlah 29 orang siswa yang tuntas dan 5 orang siswa yang tidak tuntas dan pada siklus III juga mengalami peningkatan menjadi 8.02 dengan jumlah 31 orang siswa yang tuntas dan 3 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media puzzle pada pembelajaran IPS di kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam belajar, aktivitas guru menjadi lebih terarah dan meningkat serta hasil belajar siswa semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr.Saifullah,M.Ag; 2.Irwandi,S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Media Puzzle, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anirisa Latut Torikil maviro
Date Deposited: 13 Dec 2017 08:19
Last Modified: 13 Dec 2017 08:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1893

Actions (login required)

View Item
View Item