Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Semester Ganjil pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di MIN 3 Banda Aceh Tahun Ajaran 2019/2020

Umul Aiman, 160209017 (2021) Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Semester Ganjil pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di MIN 3 Banda Aceh Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Semester Ganjil]
Preview
Text (Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Semester Ganjil)
Umul Aiman, 160209017, FTK, PGMI, 081264511736.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh penulis pada tanggal 13 November 2019 di MIN 3 Banda Aceh diketahui bahwa soal ujian semester ganjil pada mata pelajaran IPS merupakan soal buatan guru. Berdasarkan hasil wawancara, diperoleh informasi bahwa proses penyusunan soal ujian semester ganjil pada mata pelajaran IPS kelas V di MIN 3 Banda Aceh telah diujikan tanpa melalui tahapan analisis butir soal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana kualitas butir soal ujian semester ganjil mata pelajaran IPS kelas V di MIN 3 Banda Aceh tahun ajaran 2019/2020 ditinjau dari segi Validitas, Daya pembeda, dan Tingkat kesukaran?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas butir soal ujian semester ganjil mata pelajaran IPS kelas V di MIN 3 Banda Aceh tahun ajaran 2019/2020 ditinjau dari segi Validitas, Daya pembeda, dan Tingkat kesukaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di MIN 3 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yaitu teknik analisis dokumen soal beseta lembar jawaban siswa kelas V mata pelajaran IPS semester ganjil di MIN 3 Banda Aceh. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan bantuan program Microsoft Excel. Hasil analisis data dalam penelitian menunjukkan, (1) Berdasarkan validitas, soal pilihan ganda hanya ada 4 butir soal atau sebesar (16%) dinyatakan valid dan 21 butir soal atau sebesar (84%) dinyatakan tidak valid, sedangkan soal essay ada 14 butir soal atau sebesar (93%) dinyatakan valid dan 1 soal atau sebesar (7%) dinyatakan tidak valid. (2) Berdasarkan tingkat kesukaran, soal pilihan ganda terdapat 11 butir soal atau sebesar (44%) yang termasuk dalam soal sukar, 14 butir soal atau sebesar (56%) tergolong dalam soal sedang, dan 0% butir soal yang tergolong mudah, sedangkan soal essay terdapat 11 soal (73%) sukar, 4 soal (27%) sedang dan 0% mudah. (3) Berdasarkan daya pembeda, soal pilihan ganda terdapat 15 butir soal atau sebesar (60%) memiliki daya pembeda jelek, 6 soal (24%) memiliki daya beda cukup, 2 soal (8%) memiliki daya beda yang baik, dan 2 soal (8%) memiliki daya beda negatife atau tidak baik, sedangkan soal essay terdapat 9 soal (60%) memiliki daya pembeda jelek, 4 soal (27%) memiliki daya pembeda cukup, 1 soal (7%) memiliki daya pembeda soal yang baik dan 1 soal (7%) memiliki daya pembeda negatife atau tidak baik. (4) kualitas soal berdasarkan analisis butir soal secara bersama-sama, soal yang berkualitas baik berjumlah 6 soal atau sebesar (15%), soal yang berkualitas sedang berjumlah 6 soal atau sebesar (15%), soal yang berkualitas tidak baik berjumlah 19 soal atau sebesar (48%), soal yang berkualitas sangat tidak baik berjumlah 9 soal atau sebesar (23%) dan tidak terdapat soal yang berkualitas sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Umul Aiman Umul
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:06
Last Modified: 06 Dec 2021 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18932

Actions (login required)

View Item
View Item