Pengawasan Penggunaan Modal Usaha Bantuan Alat Kerja Kepada Senif Miskin di Baitul Mal Aceh (Studi Kasus di Kabupaten Aceh Besar)

Hilda Rahayu, 170102104 (2021) Pengawasan Penggunaan Modal Usaha Bantuan Alat Kerja Kepada Senif Miskin di Baitul Mal Aceh (Studi Kasus di Kabupaten Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengawasan Penggunaan Modal Usaha Bantuan Alat Kerja Kepada Senif Miskin di Baitul Mal Aceh]
Preview
Text (Pengawasan Penggunaan Modal Usaha Bantuan Alat Kerja Kepada Senif Miskin di Baitul Mal Aceh)
Hilda Rahayu, 170102104, FSH, HES, 082129389164.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Baitul Mal Aceh membuat program sektor produktif dalam bentuk modal usaha bantuan alat kerja yang mana bantuan ini disalurkan kepada mustahiq dari golongan miskin. Bantuan alat kerja ini adalah bagian dari upaya meningkatkan penghasilan mustahiq yang berdampak terhadap tranformasi mustahiq menjadi muzakki. Baitul Mal Aceh sebagai lembaga pengelola zakat berbasis manajemen tentunya menggunakan pengawasan dalam pemanfaatan dana zakat. Fungsi pengawasan ini dilakukan dengan tujuan untuk menjamin bahwa pendayagunaan dana zakat dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga bantuan yang diberikan kepada mustahiq dapat berguna dan dikelola dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penyaluran modal usaha bantuan alat kerja bagi senif miskin di Baitul Mal Aceh dan untuk mengetahui sistem pengawasan terhadap mustahiq untuk pendayagunaan modal usaha bantuan alat kerja. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif analisis yaitu penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan metode penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyaluran modal usaha bantuan alat kerja untuk senif miskin di Baitul Mal Aceh dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu, pertama proses perencanaan, harus sesuai dengan pengesahan anggaran. Kedua proses pelaksanaan, penyaluran bantuan alat kerja kepada mustahiq dari golongan miskin berjalan sesuai dengan keputusan yang telah ditetapkan oleh Dewan Pertimbangan Syariah (DPS), calon mustahiq haruslah berasal dari keluarga miskin, penerima bantuan dibatasi maksimal 1 orang per KK, berasal dari provinsi Aceh, sedang/sudah pernah menjalankan usaha dan diprioritaskan yang sudah menjalankan usaha minimal 3 tahun. ketiga proses penyaluran, Baitul Mal Aceh mempersiapkan teknis dalam penyaluran sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan yaitu lansung mentransfer ke rekening mustahiq berupa uang. Uang tersebut dipergunakan untuk membeli alat kerja dan pihak dari Baitul Mal Aceh mendampingi mustahiq untuk membeli alat kerja yang dibutuhkan. Terkait dengan pengawasan yang dilakukan terhadap mustahiq dilakukan dengan bentuk, pertama pengawasan langsung. Pengawasan dilakukan secara langsung berupa peninjauan pribadi oleh komisi pengawas namun dalam peninjauan langsung ini belum maksimal adanya ketidakjelasan periode waktu dalam peninjauan dan pengawasan kepada mustahiq dilapangan dilakukan tidak terjadwal alhasil terdapat sebagian dari mustahiq yang tidak dapat memanfaatkan dana bantuan yang diberikan dengan sebaik mungkin dan juga terdapat mustahiq yang menjual alat kerja tersebut. kedua pengawasan tidak langsung yaitu berupa laporan secara tertulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.9 Aspek Fiqih Lainnya > 2X4.98 Perbandingan Hukum Islam dengan Hukum Lainnya
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Hilda Rahayu Hilda
Date Deposited: 01 Dec 2021 03:03
Last Modified: 01 Dec 2021 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18935

Actions (login required)

View Item
View Item