Manajemen Kelas dalam Penataan Ruang Belajar di SMAN 12 Banda Aceh

Ulvia Nanda Rosya, 170206040 (2021) Manajemen Kelas dalam Penataan Ruang Belajar di SMAN 12 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Manajemen Kelas dalam Penataan Ruang Belajar di SMAN 12 Banda Aceh]
Preview
Text (Manajemen Kelas dalam Penataan Ruang Belajar di SMAN 12 Banda Aceh)
Ulvia Nanda Rosya, 170206040, FTK, MPI, 082217331335.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Manajemen kelas dalam penataan ruang belajar merupakan kemampuan seorang guru dalam mengelola kegiatan di kelas terutama dalam hal penataan ruang belajar untuk menunjang proses pembelajaran yang maksimal dan meningkatkan kualitas mutu serta semangat belajar siswa. permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah pengelolaan kelas khususnya dalam hal penataan ruang belajar yang digunakan belum maksimal untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan hambatan dalam penataan ruang belajar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas, guru mata pelajaran dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tahapan yang diperhatikan dalam perencanaan manajemen kelas dalam penataan ruang belajar meliputi pengaturan sarana dan prasarana, pengajaran, dan siswa. Perencanaan dilakukan dengan menempatkan barang sesuai dengan kondisi kelas, mempersiapkan perangkat pembelajaran. 2) Pelaksanaan manajemen kelas dalam penataan ruang belajar dilakukan dengan menempatkan tempat duduk siswa sesuai dengan denah dan menata ruang belajar senyaman mungkin bagi siswa. 3) Kendala manajemen kelas dalam penataan ruang belajar adalah penataan ruang belajar yang belum optimal terkhusus dalam penempatan tempat duduk siswa yang hanya menggunakan format tempat duduk berbentuk klasikal atau menghadap ke papan tulis. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa manajemen kelas dalam penataan ruang belajar dengan menerapkan aspek manajemen kelas dan prinsip manajemen kelas secara utuh sehingga dapat meningkatkan kualitas mutu dan semangat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Yusri M. Daud, M. Pd Pembimbing II : Tihalimah, S.Pd.I, MA
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Penataan Ruang Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ulvia Nanda Rosya
Date Deposited: 01 Dec 2021 03:26
Last Modified: 01 Dec 2021 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18936

Actions (login required)

View Item
View Item