Identifikasi Tipe-Tipe Ekor Ikan Di Pelabuhan Perikanan Lampulo Kota Banda Aceh Sebagai Materi Penujang Referensi Praktikum Zoologi Vertebata

Ulfah Ramadhanti, 150207061 (2021) Identifikasi Tipe-Tipe Ekor Ikan Di Pelabuhan Perikanan Lampulo Kota Banda Aceh Sebagai Materi Penujang Referensi Praktikum Zoologi Vertebata. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Identifikasi Tipe-Tipe Ekor Ikan Di Pelabuhan Perikanan Lampulo Kota Banda Aceh Sebagai Materi Penujang Referensi Praktikum Zoologi Vertebata]
Preview
Text (Identifikasi Tipe-Tipe Ekor Ikan Di Pelabuhan Perikanan Lampulo Kota Banda Aceh Sebagai Materi Penujang Referensi Praktikum Zoologi Vertebata)
Ulfah Ramadhanti, 150207061, FTK, PBL, 081375522897.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Materi pembelajaran Tipe Ekor ikan di matakuliah Zoologi Vertebrata mengalami kendala dalam proses pembelajaran dikarenakan kurangnya referensi pembelajaran, sehingga mahasiswa tidak mendapat gambaran yang baik dan kurang memahami pembelajaran tersebut secara mendalam. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menambah informasi tentang Tipe-tipe Ekor Ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe ekor ikan laut serta bentuk referensi praktikum Zoologi Vertebrata terhadap tipe ekor ikan laut pada Pelabuhan Perikanan Lampulo Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksploratif. Metode pengambil sampel secara Purposive Sampling, sampel yang sudah diambil tidak dilakukan pengulangan sampel pada spesies yang sama. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020 di Pelabuhan Perikanan Lampulo Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 21 spesies ikan laut yang terdiri dari 2 kelas yaitu Osteichytes dan Chondrichythyes, dari kelas tersebut memiliki 3 tipe ekor, yaitu homocercal (16 spesies), heterocercal (3 spesies), dan protocercal (2 spesies). Tipe ekor pada ikan laut yang terdapat di Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh didominasi oleh tipe homocercal. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai referensi praktikum Struktur Hewan berupa atlas dan modul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ulfah Ramadhanti
Date Deposited: 01 Dec 2021 03:10
Last Modified: 01 Dec 2021 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18941

Actions (login required)

View Item
View Item