Penggunaan Media Animasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MAN Suak Timah Aceh Barat

Lia Rahmawija, 291324969 (2017) Penggunaan Media Animasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MAN Suak Timah Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Media Animasi]
Preview
Text (Mengenai tentang Media Animasi)
skribsi gabung.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ilmu kimia merupakan salah satu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari kajian tentang struktur, komposisi, sifat dan perubahan materi serta energi yang menyertai perubahan tersebut. Di sekolah kimia dianggap materi yang susah dipahami dan membosankan. Salah satu penyebabnya karena cara penyampaian guru dalam pembelajaran masih cenderung diskusi, ceramah dan guru jarang menggunakan media kreatif yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media animasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di MAN Suak Timah Aceh Barat.Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian QuasiExperimental Designe. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 102 orang, sedangkan sampel penelitian diambil siswa kelas X/C (kelas eksperimen) berjumlah 30 orang, dan siswa kelas X/B (kelas kontrol) berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, angket yang berisi respon siswa, dan tes tertulis yang terdiri dari pre-test, post test. Dari hasil penelitian diperoleh aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan media animasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit tergolong aktif dengan persentase dari pengamat adalah 87,5%, sesuai dengan kriteria aktivitas siswa di mana 86 – 100 dinyatakan sangat tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media animasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolitbaik sekali, dinyatakan bahwa nilai yang diperoleh dari kategori “ya” adalah 88,99%. Kemudian data hasil tes yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t pada taraf α = 0,05, maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,937> 1,67, maka H0 ditolak, dengan demikian Ha diterima. Sedangkan analisis uji N-gain adalah 0,81 untuk kelas eksperimen dan 0,79 untuk kelas kontrol yakni termasuk dalam kategori tinggi.sehingga dapat disimpulkan “hasil belajar siswa dengan menggunakan media animasi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa tanpa menggunakan media animasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di MAN Suak Timah Aceh Barat”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.H.Ramli Abdullah, M.Pd; 2. Muammar Yulian, M.Si
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Animasi, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit, Hasil Belajar Siswa, PTK
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Lia Rahmawija
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:33
Last Modified: 13 Dec 2017 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1895

Actions (login required)

View Item
View Item