Peran Perpustakaan Dalam Mendukung Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Di SMA Lab School Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Irsalina Sabila, 170503134 (2021) Peran Perpustakaan Dalam Mendukung Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Di SMA Lab School Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Perpustakaan Dalam Mendukung Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Di SMA Lab School  Universitas Syiah Kuala Banda Aceh]
Preview
Text (Peran Perpustakaan Dalam Mendukung Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Di SMA Lab School Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Irsalina Sabila, 170503134, FAH, IP, 082370994455.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran perpustakaan dalam mendukung pembelajaran berbasis science, technology, engineering and mathematics (STEM) di SMA Lab School Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Pokok permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana peran perpustakaan dalam mendukung pembelajaran berbasis science, technology, engineering and mathematics (STEM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran perpustakaan SMA Lab School USK dalam mendukung pembelajaran berbasis science, technology, engineering and mathematics (STEM). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran perpustakaan SMA Lab School USK dalam mendukung pembelajaran berbasis STEM yaitu menyediakan sumber-sumber dan media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses belajar mengajar (learning teaching support) serta membimbing para siswa dalam memilih, dan menggunakan sumber-sumber informasi yang sesuai untuk keperluan proses pembelajaran secara mandiri (information skill). Dalam upaya peningkatan dan pengembangan kemampuan seperti search skill maupun pembinaan kemampuan dan sikap, baik itu intelektual maupun sosial tidak dilakukan oleh perpustakaan SMA Lab School USK, sehingga dalam mendukung pembelajaran berbasis STEM ini belum dijalankan secara optimal, pihak jajaran sekolah belum melakukan kerjasama dengan pustakawan terkait modul pembelajaran yang dirancang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Perpustakaan, Pembelajaran, Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM).
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 021 Hubungan Perpustakaan, arsip, pusat informasi
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Irsalina Sabila
Date Deposited: 02 Dec 2021 02:57
Last Modified: 02 Dec 2021 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18958

Actions (login required)

View Item
View Item