Keteladanan Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak di Desa Teubang Phui Mesjid Kecamatan Montasik Aceh Besar.

Nazilla Nissa Faradila, 160201125 (2021) Keteladanan Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak di Desa Teubang Phui Mesjid Kecamatan Montasik Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keteladanan Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak]
Preview
Text (Keteladanan Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak)
Nazilla Nissa Faradila, 160201125, FTK, PAI, 082218119721.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26MB) | Preview

Abstract

Orang tua adalah contoh paternalistik bagi anak-anaknya karena setiap perkataan dan perbuatan orang tua akan ditiru oleh anak-anaknya. Namun di desa Teubang Phui Mesjid kecamatan Montasik Aceh Besar, orang tua membiarkan anaknya bertutur kata dengan kasar dan menggunakan bahasa yang tidak nyaman didengar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keteladanan orang tua di desa Teubang Phui Mesjid kecamatan Montasik Aceh Besar dalam bertutur kata dan dampaknya dalam pembentukan akhlak anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data wawancara dan observasi dengan subjek penelitian 6 orang tua anak dan kepala desa, data observasi dianalisis dengan deskriptif dan wawancara dengan menggunakan analisis tematik. Adapun hasil penelitian yaitu sebagian orang tua telah bertutur kata dengan baik di hadapan anak dengan cara memberitahu anak jika berbicara tidak boleh secara kasar. Sebagian orang tua masih belum bertutur kata dengan baik di hadapan anak hal ini disebabkan karena orang tua yang sudah terbiasa berbicara menggunakan istilah-istilah yang kurang baik di hadapan anak. Keteladanan orang tua berdampak dalam pembentukan akhlak anak, hal ini terlihat jelas sangat berdampak bagi anak, ketika orang tua telah bertutur kata dengan baik, bersikap sopan santun dan bersikap jujur maka perilaku tersebut akan ditiru oleh anak, cara bertutur kata anak sama dengan cara bertutur kata orang tua. Dan sebaliknya ketika orang tua berkomunikasi dengan tidak baik maka anak juga akan meniru orang tuanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nazilla Nissa Faradila Zila
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:17
Last Modified: 02 Dec 2021 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18965

Actions (login required)

View Item
View Item