Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh

Fitri Rizky Cyntia, 160205021 (2021) Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh)
Fitri Rizky Cyntia, 160205021, FTK, PMA, 082274151225.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis ialah salah satu tujuan pembelajaran matematika dalam kurikulum 2013. Namun, siswa masih kurang pemahaman dan penggunaan nalar yang baik dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan subjek yang dipilih enam siswa terdiri dari dua siswa dengan kemampuan penalaran kategori tinggi, dua siswa dengan kemampuan penalaran kategori sedang, dua siswa dengan kemampuan penalaran kategori rendah. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata yang diperoleh melalui wawancara dan alat perekam. Selanjutnya analisis data dengan meredukasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Subjek dengan kemampuan penalaran matematis dengan kategori tinggi sangat baik pada indikator mengajukan dugaan sehingga ia dapat menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi, subjek juga dapat memperkira jawaban dan proses solusi dengan cara menggunakan rumus dengan tepat, setelah itu subjek memeriksa kesahihan suatu argument dan menarik kesimpulan dari pernyataan. (2) Subjek dengan kemampuan penalaran matematis dengan kategori sedang sangat baik pada indikator mengajukan dugaan dan tergolong baik pada indikator memperkira jawaban dan proses tetapi tergolong cukup pada indikator menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi karena subjek langsung membuat generalisasi tanpa menemukan pola sehingga subjek juga kurang tepat dalam memeriksa kesahihan suatu argument dan menarik kesimpulan dari pernyataan. (3) Subjek dengan kemampuan penalaran matematis dengan kategori rendah sangat baik pada indikator mengajukan dugaan, tergolong cukup pada indikator menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi dan memperkira jawaban dan proses serta tergolong kurang pada indikator memeriksa kesahihan suatu argument dan tergolong sangat kurang pada indikator menarik kesimpulan dari pernyataan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitri Rizky Cyntia
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:55
Last Modified: 03 Dec 2021 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18974

Actions (login required)

View Item
View Item