Penerapan Konseling Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa di MAN 2 Pidie

Ida Herlina, 160213061 (2021) Penerapan Konseling Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa di MAN 2 Pidie. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Konseling Kelompok untuk Mengurangi   Perilaku Agresif Siswa di MAN 2 Pidie]
Preview
Text (Penerapan Konseling Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa di MAN 2 Pidie)
Ida Herlina, 160213061, FTK, PBK, 082359362101.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perilaku agresif merupakan gangguan emosional yang serius dan menimbulkan konsekuensi yang serius pula bagi individu maupun lingkungannya.Tindakan dari perilaku agresif berupa intimidasi oleh pihak yang lebih kuat kepada pihak yang lemah dengan sengaja dan bertujuan untuk melukai korbannya secara fisik maupun verbal. Seperti halnya yang terjadi di MAN 2 Pidie, yang mana terdapat siswa yang memiliki gangguan emosi sehingga menyebabkan individu tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku agresif siswa sebelum dan sesudah penerapan konseling kelompok di MAN 2 Pidie. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode Pre-Experimental dengan desain One Group Pre-Test-Post-Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Pidie tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 59 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria yang diinginkan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan tingkat perilaku agresif siswa sebelum dan sesudah penerapan konseling kelompok. Hal ini berarti bahwa penerapan konseling kelompok efektif untuk mengurangi perilaku agresif siswa di MAN 2 Pidie.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hj. Chairan M. Nur, M.Ag Pembimbing II : Qurrata A’yuna M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Perilaku Agresif
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Ida Herlina
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:03
Last Modified: 08 Dec 2021 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19003

Actions (login required)

View Item
View Item