Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah di SMAN 1 Pasie Raja Aceh Selatan

Ristia Ramadhani, 150206001 (2020) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah di SMAN 1 Pasie Raja Aceh Selatan. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Sekolah]
Preview
Text (Kepemimpinan Kepala Sekolah)
Ristia Ramadhani, 150206001, FTK, MPI, 085277553701.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah merupakan seseorang yang memiliki tugas pokok dan tanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Keberhasilan dan kegagalan bawahan adalah suatu cerminan lansung keberhasilan atau kegagalan seorang pemimpin. Pernyataan di atas berlaku terhadap kompetensi tenaga administrasi sekolah (TAS), yang mencakup kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi teknis dan kompetensi manajerial. Keempat kompetensi di atas muncul pada TAS di SMAN 1 Pasie Raja. Namun permasalahan yang terjadi adalah masih banyak kelemahan pada kompetensi teknis. Hal ini bisa dilihat pada: (1) kurangnya kemampuan TAS dalam menerapkan Teknologi informasi dan Komunikasi; (2) kegiatan kerja yang berbasis online masih di handle oleh kepala sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi TAS; (2) melihat bagaimana kompetensi TAS dan (3) solusi terhadap penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi TAS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan subjek penelitian satu orang kepala sekolah, dan tiga orang TAS. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui yaitu; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah sudah baik hal ini bisa dilihat dari kepala sekolah mampu mengelola program kegiatan sekolah dengan menerapkan gaya kepemimpinan demokratis dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini terlihat dari; (a) kepala sekolah melibatkan seluruh bawahan dalam mengambil keputusan, (b) kepala sekolah mampu mengkoordinasikan pekerjaan para bawahan, (c) kepala sekolah memfasilitasi sarana dan prasarana. (2) kompetensi TAS; keempat kompetensi muncul pada TAS di SMAN 1 Pasie Raja. Hanya saja kompetensi teknis masih lemah. (3) Kendala dan solusi terhadap kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi TAS adalah: (a) kendala waktu, (b) solusi agar kedepannya TAS mampu memanfaatkan waktu seefektif mungkin.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3205 Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ristia Ramadhani Tia
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:18
Last Modified: 08 Dec 2021 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19006

Actions (login required)

View Item
View Item