Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 di Kelas V MIN 11 Aceh Besar

Yunita Pratiwi, 160209112 (2021) Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 di Kelas V MIN 11 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penilaian Autentik]
Preview
Text (Penilaian Autentik)
Yunita Pratiwi, 160209112, FTK, PGMI, 082299756827.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi pendahuluan yang dilakukan di sekolah MIN 11 Aceh Besar tepatnya di kelas V diketahui bahwa pada pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung hanya beberapa guru yang merencanakan penilaian autentik di dalam RPP yang dikembangkan. Seharusnya semua guru diwajibkan untuk merencanakan penilaian autentik di dalam RPP yang dikembangkan tersebut, demikian juga halnya dengan pelaksanaan pembelajaran hanya beberapa guru yang mampu melaksanakan penilaian autentik saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui implementasi penilaian autentik dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di kelas V MIN 11 Aceh Besar 2) Mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik dalam pembelajaran kurikulum 2013 di kelas V MIN 11 Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif, yang menjadi subjek pada penelitian ini yaitu guru kelas V MIN 11 Aceh Besar. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengimplementasikan penilaian autentik dalam pembelajaran dengan melaksanakan penilaian afektif meliputi penilaian observasi, penilaian kognitif meliputi penilaian tes tertulis, tes lisan dan penugasan, kemudian penilaian psikomotorik meliputi penilaian kinerja atau penilaian rubrik. Sedangkan pada penilaian lain guru tidak dapat melaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung dikarenakan guru mengalami kendala yaitu terlalu memakan banyak waktu karena banyak aspek yang harus dinilai, dengan banyaknya jumlah siswa juga menjadi kendala guru untuk melakukan penilaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Pratiwi Yuni
Date Deposited: 09 Dec 2021 02:49
Last Modified: 09 Dec 2021 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19011

Actions (login required)

View Item
View Item