Reva Silvia, 170202113 (2021) Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Bahasa Arab ( Studi Deskriptif Analisis di MTsn 1 Banda Aceh ). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Reva Silvia, 170202113, FTK, PBA, 082269791230.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (12MB) | Preview
Abstract
Pendekatan Saintifik adalah Pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan peserta didik untuk mendapatkan pengalaman belajar melalui mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengominikasikan. MTsN 1 Banda Aceh juga menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran bahasa Arab. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana penerapan pendekatan saintifik di MTsN 1 Banda Aceh dan ingin mengetahui masalah apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan pendektan saintifik di MTsN 1 Banda Aceh. Adapun metode penelitian adalah Metode Penelitan Kualitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan observsi, wawancara, dan dokumentasi di MTsN 1 Banda Aceh. Populasi berjumlah 4 guru Bahasa Arab dari kelas 1 sampai kelas 3 dan sampel dalam penelitian ini adalah 1 guru Bahasa Arab di kelas VIII MTsN 1 Banda Aceh. Adapun hasil penelitian adalah Pendekatan saintifik diterapkan di MTsN 1 Banda Aceh sesuai dengan yang diajarkan dari pelatihan kurikulum 2013, yaitu dengan cara mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan. Dalam menerapkan pendekatan saintifik guru tidak ada kesulitan selama ini, tetapi kesulitannya terdapat pada buku paket yang yang digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab karena bahasa yang digunakan terlalu tinggi sehingga membuat siswa susah untuk memamahami.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Refa Silfia |
Date Deposited: | 10 Dec 2021 02:39 |
Last Modified: | 10 Dec 2021 02:39 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19019 |