Penggunaan media kartu dalam pembelajaran menyusun kalimat yang sempurna. (Penelitian Eksperimen Di SMP IT Madrasatul Qur’an)

Rosmaini, 170202106 (2021) Penggunaan media kartu dalam pembelajaran menyusun kalimat yang sempurna. (Penelitian Eksperimen Di SMP IT Madrasatul Qur’an). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of media kartu]
Preview
Text (media kartu)
Rosmaini, 170202106, FTK, PBA, 082363077882.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Ilmu nahwu adalah ilmu yang harus dipelajari oleh siswa yang ingin menguasai bahasa arab dengan baik dan benar. Salah satu mata pelajaran yang di ajarkan dalam pembelajaran nahwu adalah mempelajari cara
,menyusun kalimat yang sempurna. Dan oleh karena kebanyakan dari siswa kurang bersemangat dalam belajar bahasa arab, sehingga menyebabkan mereka kesulitan dalam memahami materi yang di ajarkan. Dari masalah ini peneliti ingin menggunakan metode penggunaan kartu dalam mengajarkan kalimat yang sempurna . tujuan peneliti yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan kartu dalam pembelajaran kalimat yang sempurna dan untuk mengetahui efektivitas guru dan siswa saat menggunakan media kartu dalam pembelajaran kalimat yang sempurna. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam skripsi ini adalah metode eksperimental yakni jenis Quazi eksperimental.Dalam mengumpulkan data peneliti tes sebelum dan tes sesudah dan juga observasi. Adapun populasinya adalah seluruh siswa smp mq , adapun sampelnya peneliti mengambil kelas 2 berjumlah seluruhnya 30 orang. yang terdiri dari dua kelas yakni kelas 1 A dan kelas 2 B.Hasil yang diperoleh peneliti dengan menggunakan media kartu adalah efektif. dari hasil observasi langsung dengan menggunakan media kartu menunjukkan skor baik sekali yaitu 87,5 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
800 Literature (Sastra) > 890 Other Literatures (Kesusastraan Lain-lain) > 892 Sastra Afro-Asia > 892.7 Sastra Bahasa-bahasa Arab dan Maltes
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rosmaini Ros
Date Deposited: 10 Dec 2021 02:43
Last Modified: 10 Dec 2021 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19020

Actions (login required)

View Item
View Item