Penggunaan metode Number Heads Together untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosakata (penelitian eksperimental di MTsN 3

Qathrunnada, 140202134 (2021) Penggunaan metode Number Heads Together untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosakata (penelitian eksperimental di MTsN 3. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan metode Number Heads Together untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosakata (penelitian eksperimental di MTsN 3]
Preview
Text (Penggunaan metode Number Heads Together untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosakata (penelitian eksperimental di MTsN 3)
Qathrunnada, 140202134, FTK, PBA, 085214009836.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pokok bahasan tugas akhir ini adalah “Penggunaan metode Number Heads Together untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosakata (penelitian eksperimental di MTsN 3 Meulaboh)”. Peneliti memilih penelitian ini untuk masalah yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran ketika peneliti memperhatikan bahwa siswa yang lemah dalam bahasa Arab, terutama dalam pengajaran kosa kata. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode Number Heads Together untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata siswa dan untuk mengetahui respon siswa dalam pengajaran kosakata menggunakan metode Number Heads Together. Peneliti melakukan penelitian empiris dengan menggunakan metode (One Group Pretest - Post test Design) untuk mendapatkan penelitian ini. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes dan angket. Dalam penelitian ini terdapat jumlah siswa sekolah MTsN 3 Meulaboh yang berjumlah 627 siswa dan peneliti memilih sampel pada kelas II (A) yang berjumlah 30 siswa. Dan hasil dari penelitian ini adalah penggunaan metode Number Heads Together efektif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata siswa, dengan bukti bahwa (T-hitung (t_o) = 39,78) lebih besar dari hasil tabel (T-Tabel signifikansi tingkat 5% berarti 2,04, tingkat signifikansi 1% 2,75 , atau (39,78 < 2,04 > 2,75). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol kontraproduktif dan kebalikannya dapat diterima, artinya penerapan pengajaran kosakata dengan metode Number Heads Together efektif untuk meningkatkan kemampuan kosakata siswa Respon siswa yang menggunakan metode Number Heads Together pada penguasaan kosakata sangat baik . Mereka sangat menyukainya saat digunakan. Bukti untuk ini ditunjukkan pada Tabel 4-9, Tabel 4-10, Tabel 4-11, Tabel 4-12, dan Tabel 4-13.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Qatrun Nada
Date Deposited: 10 Dec 2021 02:46
Last Modified: 10 Dec 2021 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19021

Actions (login required)

View Item
View Item