Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Pembinaan Kedisiplinan Siswa SMP Negeri I Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues

Mulya Ulfa, 150213101 (2021) Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Pembinaan Kedisiplinan Siswa SMP Negeri I Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Pembinaan  Kedisiplinan Siswa SMP Negeri I Blangkejeren  Kabupaten Gayo Lues]
Preview
Text (Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Pembinaan Kedisiplinan Siswa SMP Negeri I Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues)
Mulya Ulfa, 150213101, FTK, BK, 081362679931 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Pembinaan Kedisiplinan Siswa SMP Negeri I Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues”. Pembinaan kedisiplinan memang menjadi perhatian penuh dari guru karena disiplin merupakan sikap yang harus ditingkatkan oleh guru untuk menciptakan suasana belajar yang tertib. Disiplin merupakan suatu tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peran guru Bimbingan dan Konseling dalam pembinaan kedisiplinan siswa SMP Negeri 1 Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Untuk mengetahui kendala apa saja yang di lakukan guru Bimbingan Konseling dalam pembinaan kedisiplinan siswa SMP Negeri 1 Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru BK 2 orang, guru mata pelajaran 1 orang, siswa 2 orang. Teknik pengumpulan data yang meliputi; Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif . Hasil penelitian diperoleh bahwa peran guru Bimbingan dan Konseling dalam kedisiplinan siswa SMP Negeri 1 Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues dimana guru bimbingan dan konseling mengarahkan siswa untuk selalu mengikuti peraturan yang telah dibuat oleh sekolah yang tujuannya agar dapat membentuk karakter siswa, hal ini dilakukan agar siswa tersbeiasa dengan sikap disiplin, selain itu guru juga memberikan sosialisasi kepada siswa agar siswa mau mengukuti peraturan yang telah dibuat oleh sekolah dan menjada tata tertib kedisiplinan sekolah. Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru bimbingan dan konseling dalam menangani siswa yang tidak disiplin yaitu kadang-kadang merasa putus asa dan kesal bisa juga kalau lepas kontrol marah, karena siswa yang kurang dalam melakukan interasi sosial itu bukan satu atau dua orang, itu mereka ada banyak, kita selesaikan masalah ini datang siswa lain, kendala-kendala yang sangat terasa dirasakan oleh siswa diantaranya adalah mudah stress, lelah dan konflik batin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mashuri, S. Ag., M.Ag Pembimbing II : Asriayana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Bimbingan Konseling, Pembinaan Kedisiplinan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Mulya Ulfa
Date Deposited: 10 Dec 2021 03:25
Last Modified: 10 Dec 2021 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19027

Actions (login required)

View Item
View Item