Kinerja humas dalam meningkatkan citra sekolah di SMAN 12 Banda Aceh

Muhajirin, 170206078 (2021) Kinerja humas dalam meningkatkan citra sekolah di SMAN 12 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kinerja humas dalam meningkatkan citra sekolah di SMAN 12 Banda Aceh]
Preview
Text (Kinerja humas dalam meningkatkan citra sekolah di SMAN 12 Banda Aceh)
Muhajirin, 170206078, FTK, MPI, 082274720367.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ditempuh melalui sektor pendidikan yang mengacu pada kebutuhan individu dan pembangunan. Dalam lembaga pendidikan kinerja humas sangatlah penting untuk membangun dan menjaga citra positif, mengingat lembaga pendidikan memiliki publik internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja humas, media humas, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan citra sekolah di SMAN 12 Banda Aceh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian Kepala Sekolah, Wakasek Kehumasan dan komite sekolah. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini, menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja humas dalam meningkatkan citra sekolah di SMAN 12 Banda Aceh dilaksanakan sesuai dengan prosedur. Hal ini dapat dilihat dari beberapa tugas humas yaitu: menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas penyampaian informasi, monitoring, merekam dan mengevaluasi, memperbaiki citra organisasi, tanggung jawab social dan komunikasi. Media humas yang digunakan SMAN 12 Banda Aceh yaitu: media cetak, media elektronik, special event, media luar ruang. Kemudian kendala yang dihadapi humas dalam meningkatkan citra sekolah SMAN 12 Banda Aceh yaitu: kurangnya kepedulian orang tua siswa dalam proses pembelajaran, gedung sekolah yang sudah tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhajirin Muhajirin
Date Deposited: 15 Dec 2021 02:11
Last Modified: 15 Dec 2021 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19041

Actions (login required)

View Item
View Item