Hubungan Persepsi Siswa Dengan Hasil Belajar Fisika Kelas XI MIA Di SMAN 2 Kluet Utara

May Sarah, 160204032 (2020) Hubungan Persepsi Siswa Dengan Hasil Belajar Fisika Kelas XI MIA Di SMAN 2 Kluet Utara. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Persepsi Siswa]
Preview
Text (Hubungan Persepsi Siswa)
May Sarah, 160204032, FTK, PFS, 085359695058.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengalaman belajar fisika yang didapat siswa membangun sebuah persepsi dari stimulus/rangsangan yang dialaminya. Pandangan siswa terhadap fisika yang sulit dipahami karena terlalu banyak rumus, angka-angka, menjadikan hasil belajar yang diperoleh rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi siswa dengan hasil belajar fisika dan untuk mengetahui pembelajaran fisika kelas XI MIA di SMAN 2 Kluet Utara. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif metode deskriptif. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh dengan sampel sebanyak 31 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Uji statistik menggunakan uji korelasi dan uji determinasi. Berdasarkan olahan data angket melalui uji korelasi didapatkan bahwa hubungan persepsi siswa dengan hasil belajar 0,146 dengan taraf signifikansi 0,441 > 0,05, data korelasi ini memiliki interprestasi sangat lemah. Hal ini juga didukung dengan uji determinasi bahwa pengaruh persepsi dengan hasil belajar hanya 2,1%. Data observasi didapatkan pembelajaran disekolah terealisasi dengan baik dimana memiliki nilai sebesar 56% dengan interprestasi kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara persepsi siswa dengan hasil belajar, namun tidak terlalu besar pengaruhnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Ida Meutiawati., M.Pd 2. Sri Nengsih, S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Persepsi, dan Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: May Sarah
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:09
Last Modified: 15 Dec 2021 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19045

Actions (login required)

View Item
View Item