Peran Perempuan dalam Sistem Pemerintahan Modern Menurut Siyasah Al-Syar’iyyah (Studi Pendapat Ali Muhammad Al-Sallabi

Sri Rahmi, 150105018 (2021) Peran Perempuan dalam Sistem Pemerintahan Modern Menurut Siyasah Al-Syar’iyyah (Studi Pendapat Ali Muhammad Al-Sallabi. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Perempuan dalam Sistem Pemerintahan Modern Menurut Siyasah Al-Syar’iyyah (Studi Pendapat Ali Muhammad Al-Sallabi]
Preview
Text (Peran Perempuan dalam Sistem Pemerintahan Modern Menurut Siyasah Al-Syar’iyyah (Studi Pendapat Ali Muhammad Al-Sallabi)
Sri Rahmi, 150105018, FSH, HTN, 082216300204.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Para ulama klasik umumnya berpendapat perempuan tidak dapat ikut berperan dalam pemerintahan Islam. Berbeda dengan pendapat tersebut, ulama yang hidup pada abad modern, justru berpendapat bahwa perempuan berpeluang ikut dalam pemerintahan. Ini seperti pendapat Ali Muhammad al-Shallabi. Pokok masalah penting penelitian ini adalah bagaimana pandangan Ali Muhammad al-Shallabi tentang peran perempuan dalam sistem pemerintahan modern?, dan bagaimana tinjauan siyasah al-syar’iyyah terhadap pendapat Ali Muhammad Al-Shallabi?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan jenis penelitian yaitu deskriptif-analisis. Temuan hasil penelitian bahwa menurut Ali Muhammad al-Shallabi, perempuan memiliki peran yang sama sebagaimana laki-laki dalam pemerintahan. Perempuan hanya tidak bisa menduduki kepemimpinan tertinggi umat Islam atau khalifah. Selain kepemimpinan tertinggi, perempuan berhak dan memiliki peran yang sama sebagaimana laki-laki, seperti ikut berperan dalam kementerian, kehakiman, kepolisian, kepala organisasi, ikut berpolitik dan membentuk partai politik, berperan di dalam memajukan perempuan, ikut sebagai anggota ahlul halli wa al-aqdi ataupun ahlul syura, dan peran-peran kenegaraan lainnya. Pendapat Ali Muhammad al-Shallabi tersebut sesuai dengan siyasah al-syar’iyyah. Perempuan memiliki kedudukan yang sama dalam berpartisipasi di pemerintahan. Hal ini seperti peran-peran perempuan pada masa Rasulullah yang membantu dan ikut berperang, kemudian pada masa sahabat dan seterusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hasanuddin Yusuf Adan, MCL.,MA Pembimbing II : Husni Jalil, S.HI., M.A
Uncontrolled Keywords: Peran Perempuan, Sistem Pemerintahan Modern, Siyasah Al-Syar’iyyah.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.4 Perempuan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Sri Rahmi Sri
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:26
Last Modified: 15 Dec 2021 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19056

Actions (login required)

View Item
View Item