Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Prestasi Non Akademik Peserta Didik SMA Negeri 8 Banda Aceh

Refa Mufasirah, 170206070 (2021) Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Prestasi Non Akademik Peserta Didik SMA Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Kepala Sekolah]
Preview
Text (Strategi Kepala Sekolah)
Refa Mufasirah, 170206070, FTK, MPI, 082250233115.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurangnya manajemen dalam perumusan strategi khususnya dalam pengelolaan kegiatan non akademik mengakibatkan turunnya prestasi non akademik peserta didik. Hasil analisis kebutuhan strategi kepala sekolah di SMA Negeri 8 Banda Aceh ditemukan bahwa strategi yang telah diterapkan tidak terstruktur dengan baik oleh karena ini diperlukan rancang bangun strategi yang tepat terhadap peningkatan prestasi non akademik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi analisis kebutuhan peningkatan prestasi non akademik peserta didik, untuk mengembangkan bangun rancang strategi kepala sekolah dalam peningkatan prestasi non akademik peserta didik, untuk menguji bangun rancang strategi kepala sekolah dalam peningkatan prestasi non akademik peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan lembar validasi dengan menggunakan pengembangan 4D meliputi tahap pendefinisian (Defien),tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Development)dan tahap penyebaran (Disseminate)untuk mengetahui keefektivitasan bangun rancang strategi kepala sekolah dalam peningkatan prestasi peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kebutuhan terjadi peningkatan prestasibidang olahraga dan kesenian tingkat kabupaten dan penurunan pada tingkat nasional. Bidang olah bakat terjadi penurunan prestasi pada tingkat kabupaten dan nasional. Hasil validasi tahap kualitas isi diperoleh skor rata-rata 97% dengan kriteria sangat sesuai (sangat layak). Bangun rancang strategi yang telah dikembangkan meliputi 3 tahap yaitu, 1) perencanaan, 2) pelaksanaan dan 3) evaluasi. Dan hasil respon tenaga kependidikan terhadap bangun rancang strategi peningkatan prestasi non akademik peserta didik diperoleh skor sebesar 4 dimana X > 3,42 dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kegiatan non akademik sudah dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi non akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Refa Mufasirah Refa
Date Deposited: 16 Dec 2021 02:49
Last Modified: 16 Dec 2021 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19063

Actions (login required)

View Item
View Item