Nilai Filosofi Kepemimpinan Perempuan (Studi Terhadap Persepsi Masyarakat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)

Hilmiati, 170304033 (2021) Nilai Filosofi Kepemimpinan Perempuan (Studi Terhadap Persepsi Masyarakat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Nilai Filosofi Kepemimpinan Perempuan]
Preview
Text (Nilai Filosofi Kepemimpinan Perempuan)
Hilmiati, 170304033, FUF, AFI, 085373976786.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan perempuan merupakan suatu bentuk keikutsertaan perempuan dalam memimpin secara intelektual serta emosional dalam suatu kelompok yang dapat memberikan sumbangan yang baik dalam bentuk tenaga, fikiran, maupun materiil guna untuk dapat mewujudkan suatu tujuan tertentu. Kepemimpinan perempuan khususnya di Kabupaten Aceh Besar, kepala desa yang dipimpin oleh perempuan menjadi hal yang sangat jarang dijumpai. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan nilai fiosofis dalam kepemimpinan perempuan, serta mengetahui persepsi masyarakat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar terhadap kepemimpinan perempuan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif yang berbasis penelitian lapangan, serta menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara langsung dengan masyarakat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Selain itu, teknik pengumpulan data lainnya seperti dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai filosofi kepemimpinan perempuan dapat dilihat dari pemahaman masyarakat yaitu terletak pada kedudukan seorang perempuan. Dimana perempuan juga mempunyai hak dan kebebasan dalam menjalankan kewajibannya, serta Perempuan tidak lagi dipandang sebagai sosok yang lemah, akan tetapi memiliki fondasi penting dalam kehidupan keluarga, organisasi maupun lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.4 Perempuan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Hilmiati Mia
Date Deposited: 17 Dec 2021 02:08
Last Modified: 17 Dec 2021 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19070

Actions (login required)

View Item
View Item