Miftahul Shidqi Rahmatillah, 150901146 (2021) Hubungan Konformitas dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMAN 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Miftahul Shidqi Rahmatillah, 150901146, FPSI, PSI, 082124024098.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (17MB) | Preview
Abstract
Prokrastinasi akademik merupakan jenis penundaan yang dilakukan pada tugas-tugas yang berhubungan langsung pada akademik atau kinerja akademik. Besarnya pengaruh teman kelompok merupakan bentuk dari konformitas dan merupakan salah satu faktor yang diduga dapat menyebabkan siswa melakukan prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan prokrastinasi akademik pada siswa di SMAN 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 451 siswa dengan sampel berjumlah 198 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling. Berdasarkan hasil analisis korelasi pearson product moment menunjukkan terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara konformitas dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMAN 8 Banda Aceh dengan nilai koefesien korelasi pearson sebesar r = 0,325 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa semakin tinggi konformitas yang dimiliki siswa maka semakin tinggi prokrastinasi akademik pada siswa, sebaliknya semakin rendah konformitas yang dimiliki siswa maka semakin rendah pula prokrastinasi akademik pada siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Psikologi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Miftahul Shidqi Rahmatillah Shidqi |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 03:08 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 03:08 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19083 |