Efektifitas Penerapan Metode Qawaid Wa Al Tarjmah Dengan Media Strip Story Pada Pelajaran Muthala'ah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswi Dalam Keterampilan Membaca Di (Pesantren Islam Terpadu Al-Mujaddid Penelitian Eksperimen)

Nurul Hakimah, 170202185 (2021) Efektifitas Penerapan Metode Qawaid Wa Al Tarjmah Dengan Media Strip Story Pada Pelajaran Muthala'ah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswi Dalam Keterampilan Membaca Di (Pesantren Islam Terpadu Al-Mujaddid Penelitian Eksperimen). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektifitas  Penerapan  Metode  Qawaid  Wa  Al Tarjmah Dengan  Media Strip Story]
Preview
Text (Efektifitas Penerapan Metode Qawaid Wa Al Tarjmah Dengan Media Strip Story)
Nurul Hakimah, 170202085, FTK, PBA, 085339325256.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di Pesantren Islam Terpadu Al -Mujaddid bahwa mereka lemah dalam membaca teks Arab dan dalam mahamami bacaan yang mereka baca, mereka tidak dapat menerapkan tata bahasa, misalnya, dalam menentukan baris terakhir. Tanpa menerapkan tata bahasa, sharaf siswa tidak akan memahami bacaan dan tujuannya. Oleh karena itu, hal tersebut membuat mereka kurang tertarik dan cenderung untuk belajar bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode qawaid dan tarjamah melalui potongan cerita untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam pelajaran muthala’ah. penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan dua tes, yaitu pre-test dan post-test. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas dua, yang berjumlah 97 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II tingkat menengah yang berjumlah 50 siswa. Metode pemilihan sampel dengan memilih dua kelas yaitu kelas dua “A dan B”. Setelah dilakukan analisa dalam pretest dan posttest dengan melakukan T-Test menggunakan program “SPSS 22”, hasil dari penelitian ini memperoleh nilai tingkat signifikansi (2-tailed) sig 000 yang lebih kecil dari hasil pada nilai signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.Penerapan metode qawaid dan tarjamah melalui strip strory dalam pembelajaran membaca efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Hakimah Nurul
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:00
Last Modified: 23 Dec 2021 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19139

Actions (login required)

View Item
View Item