Peranan Dana Zakat Terhadap Pembangunan Pendidikan Mustahik (Studi Baitul Mal Kota Banda Aceh Pada Kecamatan Syiah Kuala)

Wanisa Nurjannah, 160602118 (2020) Peranan Dana Zakat Terhadap Pembangunan Pendidikan Mustahik (Studi Baitul Mal Kota Banda Aceh Pada Kecamatan Syiah Kuala). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peranan Dana Zakat Terhadap Pembangunan Pendidikan Mustahik (Studi Baitul Mal Kota Banda Aceh Pada Kecamatan Syiah Kuala)]
Preview
Text (Peranan Dana Zakat Terhadap Pembangunan Pendidikan Mustahik (Studi Baitul Mal Kota Banda Aceh Pada Kecamatan Syiah Kuala))
Wanisa Nurjannah, 160602118, FEBI, ES, 081349697722.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Zakat merupakan suatu pranata keagamaan. zakat memiliki tujuan untuk meningkatkan dan menciptakan keadilan sosial. Dewasa ini, perkembangan zakat dapat dikategorikan profesional dan teroganisir. Salah satu bidang yang menarik dari pemanfaatan zakat produktif adalah pemanfaatan pada program bidang pendidikan. Kebijakan pembangunan pendidikan untuk mewujudkan sistem pendidikan. Sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga berkembang menjadi manusia yang berkualitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran dana zakat yang dikelola Baitul Mal Kota Banda Aceh dalam pembangunan pendidikan mustahik melalui program beasiswa. Hasil penelitian yaitu program Baitul Mal berperan dalam peningkatan pembangunan pendidikan mustahik sesuai dengan tujuan program beasiswa dan juga membantu program pendidikan Banda Aceh dan program dari baitul mal ini sudah mendayagunakan dana zakat dengan maksimal sesuai dengan tujuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhammad Arifin, Ph.D Pembimbing II : Rina Desiana, ME
Uncontrolled Keywords: Zakat, Zakat produktif, Beasiswa, Pendidikan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.144 Penerima Zakat (Mustahiq)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Wanisa Nurjannah
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:50
Last Modified: 30 Dec 2021 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19191

Actions (login required)

View Item
View Item