Evaluasi Literasi Komputer Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Ar-Raniry Angkatan 2018

Fajria Ulfa, 150503118 (2020) Evaluasi Literasi Komputer Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Ar-Raniry Angkatan 2018. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Evaluasi Literasi Komputer Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora UIN  Ar-Raniry Angkatan 2018]
Preview
Text (Evaluasi Literasi Komputer Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Ar-Raniry Angkatan 2018)
Fajria Ulfa, 150503118, FAH, IP, 082246635407.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Evaluasi Literasi Komputer Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Angkatan 2018.” Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana literasi komputer mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan angkatan 2018 UIN Ar-Raniry. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil terhadap angket penelitian 34 responden menunjukkan bahwa indikator belajar komputer di sekolah mahasiswa menggunakan komputer sebagai mata pelajaran di sekolah ada 33 (97,1%) dan mahasiswa yang mulai belajar komputer dari sekolah dasar ada 5 (11,8%), sedangkan 29 (85,3%) belajar komputer mulai sekolah menengah. Indikator penilaian sumber daya komputer pada perangkat komputer atau deskop ada 29 (85,3%), printer ada 2 (5,9%), e-mail 25 (73,5%) dan akses internet 31 (91,2%) responden. Indikator media penggunaan komputer dalam penggunaan Google di browser ada 25 (73,5%), media sosial ada 28 (82,4%), mendownload movie/lagu/game 21 (61,8%), mendownload materi belajar dari web 31 (91,2%), mengirim email 25 (73,5%), scan komputer dari antivirus 34 (100%), berbagi data dengan teman 6 (17,6%), bermain games 3 (8,8%), mengetik teks 33 (97,1%), powerpoint presentasi 29 (79,4%), membuat grafik 1 (2,9%), pencarian akademis 24 (70,6%) responden. Hasil uji validitas pernyataan indikator belajar komputer di sekolah dan penilaian sumber daya komputer terdapat 4 indikator dinyatakan tidak valid. Hasil validitas pernyataan indikator media penggunaan komputer terdapat 4 indikator dinyatakan tidak valid karena nilai r hitung < = r table. Hasil uji realibilitas indikator belajar komputer di sekolah dan penilaian sumber daya komputer dinyatakan reliable karena nilai cronbach alphanya 0,601. Hasil uji realibilitas indikator media penggunaan komputer dinyatakan reliable karena nilai cronbach alphanya 0,613.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi, Komputer
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 023 Personnel Management
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.4 Analisis dan Kendali Subjek
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Fajria Ulfa
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:01
Last Modified: 30 Dec 2021 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19194

Actions (login required)

View Item
View Item