Minimnya Minat Calon Mahasiswa Memilih Prodi Studi Agama-Agama UIN Ar-Raniry (Studi di Kelas XII MIA 2 MAN 3 Banda Aceh)

Ofi Hidayanti, 170302017 (2021) Minimnya Minat Calon Mahasiswa Memilih Prodi Studi Agama-Agama UIN Ar-Raniry (Studi di Kelas XII MIA 2 MAN 3 Banda Aceh). ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Minimnya Minat Calon Mahasiswa Memilih Prodi Studi Agama-Agama UIN Ar-Raniry (Studi di Kelas XII MIA 2 MAN 3 Banda Aceh)]
Preview
Text (Minimnya Minat Calon Mahasiswa Memilih Prodi Studi Agama-Agama UIN Ar-Raniry (Studi di Kelas XII MIA 2 MAN 3 Banda Aceh))
Ofi Hidayanti, 170302017, FUF, SA, 081360545144.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Studi agama-agama merupakan salah satu disiplin ilmu pengetahuan yang penting untuk diketahui serta dikaji oleh mayarakat Indonesia khususnya calon mahasiswa. Mengkaji studi agama-agama merupakan salah satu alternatif untuk mewujudkan keharmonisan umat beragama. Namun realitas yang terjadi pada prodi studi agama-agama UIN Ar-Raniry mengalami kekurangan mahasiswa. Menurut peneliti masalah ini penting untuk diteliti lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apa saja faktor yang menyebabkan prodi studi agama-agama UIN Ar-Raniry kurang diminati oleh masyarakat atau calon mahasiswa. Metode penelitian skripsi ini menggunakan metode kualitatif berjenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian membuktikan bahwa minimnya minat calon mahasiswa memilih prodi studi agama-agama UIN Ar-Raniry disebabkan karena siswa tidak pernah mengetahui adanya prodi studi agama-agama di UIN Ar-Raniry dan tidak memahami makna dari studi agama-agama itu sendiri. Kemudian siswa memiliki cita-cita dan keinginan sendiri dalam hal memilih program studi. Siswa tidak pernah mengikuti sosialisasi-sosialisasi prodi studi agama-agama UIN Ar-Raniry, dan siswa tidak pernah mendapatkan motivasi dari orang-orang terdekat mengenai studi agama-agama. Sedangkan menurut pihak prodi, masih ada sebagian masyarakat yang takut terhadap prodi studi agama-agama karena sebagian masyarakat menganggap prodi studi agama-agama dapat menjerumuskan seseorang menjadi Atheis dan juga dapat mendangkalkan aqidah. Kemudian sosialisasi yang dilakukan prodi selama ini masih kurang maksimal dan efektif.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Suraiya, IT.M.A.,Ph.D Pembimbing II : Nurlaila, M. Ag
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.388 Mahasiswa
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Ofi Hidayanti Ofi
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:49
Last Modified: 07 Jan 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19256

Actions (login required)

View Item
View Item