Pengaruh Tradisi Tarian Kuda Lumping Terhadap Aqidah Islamiah Masyarakat Desa Serbajadi (Studi Kasus di Desa Serbajadi, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya)

Neilil Hasanah, 170304009 (2021) Pengaruh Tradisi Tarian Kuda Lumping Terhadap Aqidah Islamiah Masyarakat Desa Serbajadi (Studi Kasus di Desa Serbajadi, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Tradisi Tarian Kuda Lumping 		Terhadap Aqidah Islamiah Masyarakat Desa Serbajadi]
Preview
Text (Pengaruh Tradisi Tarian Kuda Lumping Terhadap Aqidah Islamiah Masyarakat Desa Serbajadi)
Neilil Hasanah, 170304009, FUF, AFI, 082274639694.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tradisi tarian kuda lumping dapat dilihat keindahannya pada gerak kostum, iringan musik, sampai dengan proses pertunjukannya, Tarian kuda lumping juga memiliki ke unikkan yang dapat di lihat ketika para penari mengalami adegan kerasukan, Masyarakat percaya bahwa ada roh yang telah memasuki tubuh penari yang sering di sebut endang-endang.
Penelitian ini merupakan metode kualitatif deskriptif yang mengkaji unsur spritualitas serta pengaruh tradisi tarian kuda lumping terhadap aqidah Islamiah yang dimiliki oleh masyarakat Desa Serbajadi.
Hasil penelitian, Pengaruh tarian kuda lumping terhadap aqidah islamiah masyarakat Desa Serbajadi adalah 1) Pemanggilan roh gaib (endang-endang) yang dilakukan dengan sengaja oleh pawang menyebabkan aqidah masyarakat terganggu dikarenakan terbawa oleh suasana gaib yang menyebabkan masyarakat lalai dan lupa melaksanakan ibadah. 2) Munculnya pemikiran tahayul. 3) Kepercayaan terhadap hal mistik roh leluhur/nenek monyang. 4) Munculnya rasa penasaran dan keinginan untuk memiliki ilmu gaib yang dapat membahayakan diri, mempengaruhi keimanan, serta kepercayaan. Tradisi tarian kuda lumping membawa pengaruh negatif bagi masyarakat desa Serbajadi, sehingga sebagian besar masyarakat memutuskan untuk tidak lagi menampilkan tarian tersebut dan tarian tersebut sudah hampir tidak diminati serta mengalami kemunduran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Neilil Hasanah Nely
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:13
Last Modified: 07 Jan 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19264

Actions (login required)

View Item
View Item