Potensi Mat Elektrik Ekstrak Etanol Daun Serai Wangi (Cymbopogon Nardus) Untuk Pengendalian Nyamuk Aedes Aegypti Sebagai Referensi Mata Kuliah Entomologi

Rizki Darmawan, 160207103 (2021) Potensi Mat Elektrik Ekstrak Etanol Daun Serai Wangi (Cymbopogon Nardus) Untuk Pengendalian Nyamuk Aedes Aegypti Sebagai Referensi Mata Kuliah Entomologi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Potensi Mat Elektrik Ekstrak Etanol Daun Serai Wangi (Cymbopogon Nardus) Untuk Pengendalian Nyamuk Aedes Aegypti Sebagai Referensi Mata Kuliah Entomologi]
Preview
Text (Potensi Mat Elektrik Ekstrak Etanol Daun Serai Wangi (Cymbopogon Nardus) Untuk Pengendalian Nyamuk Aedes Aegypti Sebagai Referensi Mata Kuliah Entomologi)
Rizki Darmawan, 160207103, FTK, PBL, 082304142276.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Nyamuk merupakan satu diantara serangga yang dianggap mengganggu ketentraman karena bersifat ektoparasit dan membahayakan kehidupan manusia. Pengendalian nyamuk dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan mat elektrik. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk pengendalian nyamuk Aedes aegypti menggunakan mat elektrik yang berbahan dasar alami yaitu dengan menggunakan ekstrak etanol daun serai wangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode RAL (Rancangan Acak Lengkap) dengan 2 kali pengulangan dan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan semakin tinggi konsentrasi yang digunakan maka semakin tinggi pula mortalitas nyamuk Aedes aegypti dengan mortalitas tertinggi pada konsentrasi 50%. Hasil uji skrining fitokimia daun serai wangi ditemukan senyawa berupa flavonoid, polifenol, triterpenoid dan dragendruf. Pemanfaatan dari hasil penelitian ini yaitu berupa buku saku sebagai referensi mata kuliah Entomologi. Hasil uji kelayakan media buku saku didapatkan hasil yaitu 89% dengan kriteria sangat layak direkomendasikan sebagai media penunjang dalam proses pembelajaran mata kuliah entomologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mat Elektrik, Cymbopogon nardus, Aedes aegypti, Entomologi, Uji Kelayakan
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rizki Darmawan Rizki
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:27
Last Modified: 10 Jan 2022 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19269

Actions (login required)

View Item
View Item