Perbandingan Pengaruh Antara Penggunaan Media Puzzle dan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Penguasaan Kosakata (Study Eksperimen di MIN 8 Banda Aceh)

Cut Harfianda, 170202091 (2022) Perbandingan Pengaruh Antara Penggunaan Media Puzzle dan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Penguasaan Kosakata (Study Eksperimen di MIN 8 Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perbandingan Pengaruh Antara Penggunaan Media Puzzle dan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam  Penguasaan Kosakata (Study Eksperimen di MIN 8 Banda Aceh)]
Preview
Text (Perbandingan Pengaruh Antara Penggunaan Media Puzzle dan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Penguasaan Kosakata (Study Eksperimen di MIN 8 Banda Aceh))
Cut Harfianda, 170202091, FTK, PBA, 085361422926_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Perbandingan Pengaruh Antara Media Puzzle dan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Penguasaan Kosakata. (Penelitian Eksperimen di MIN 8 Banda Aceh)”. Peneliti memilih judul ini karena peneliti menemukan bahwa siswa belum mampu menguasai dalam pengucapan dan penghafalan mufradat dengan baik. Peneliti juga menemukan faktor lainnya yaitu, guru belum menggunakan media saat proses belajar mengajar berlangsung. Sehingga hal tersebut barangkali yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami dan mengingat kosakata yang telah diajarkan guru. Oleh karena itu peneliti ingin menggunakan media puzzle dan media gambar dengan membandingkan antara keduanya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode eksperimen dengan desain penelitian quazi eksperimen. peneliti mengambil sample dari kelas 3(A) dan kelas 3(B) dengan jumlah 20 siswa untuk kelas kontrol dan 20 siswa untuk kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan instrument test yaitu soal pre-test dan post-test, dengan teknik analisis data statistik deskriptif, uji paired sample T-test, dan uji independent sample T-test dengan menggunakan program SPSS V.20. dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dan media puzzle berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata. Sehingga hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Adapun hasil dengan menggunakan uji independent sample test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbandingan pengaruh antara media puzzle dan media gambar dalam pembelajaran kosakata. Dengan demikian, hipotesis alternatif ditolak dan hipotesis nol diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Cut Harfianda
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:25
Last Modified: 11 Jan 2022 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19310

Actions (login required)

View Item
View Item