Perancangan Aplikasi Mualaf Berbasis Web Dengan Metode Pendekatan UTAUT (Unified Theory of Acceptancce and Use of Technology)

M Sabarudin Lb, 160212129 (2021) Perancangan Aplikasi Mualaf Berbasis Web Dengan Metode Pendekatan UTAUT (Unified Theory of Acceptancce and Use of Technology). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perancangan Aplikasi Mualaf Berbasis Web Dengan Metode Pendekatan UTAUT]
Preview
Text (Perancangan Aplikasi Mualaf Berbasis Web Dengan Metode Pendekatan UTAUT)
M Sabarudin LB, 160212129, FTK, PTI, 085668239058.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dan industri 4.0 ini, sebagai tanda bahwa perkembangan ilmu semakin meningkat, terutama di dalam bidang teknologi, banyak sekali negara-negara besar di belahan dunia terus menerus mengeluarkan evaluasi-evaluasi varian teknologi yang baru dengan fitur-fitur yang sangat mendukung kebutuhan para penggunanya dengan desain tampilan yang elegan. Perkembangan teknologi dirancang untuk memenuhi kebutuhan manusia baik itu secara khusus maupun tidak khusus, saat ini perkembangan yang paling didominan yaitu sistem teknologi Geografis atau lebih dikenal dengan istilah google maps, semua orang dapat terbantu dengan adanya google maps ini untuk menuju kesuatu tempat. Akan tetapi para pengembang teknologi tersebut hanya mengembangkan sistem informasi geografis seperti tempat wisata, transfortasi, penginapan dan lain-lain dan dikembangkan dalam bentuk umum. Sehingga saat ini tidak ditemukannya sistem informasi geografis tentang yang mengkaji keislaman khususnya pengelolaan mualaf dalam bentuk pemetaan penyebarannya. Baitul Mal Subulussalam kesulitan dalam mengelola mualaf dikarenakan beberapa faktor salah satunya tidak adanya data pelaporan dan pemetaan penyebaran mualaf yang ada di kota Subulussalam. Sehingga muncul sebuah ide untuk mengembangkan Perancangan Aplikasi Mualaf Berbasis Web yang memiliki fitur maps untuk pemetaan penyebaran mualaf, hal ini bertujuan untuk memudahkan pihak Baitul Mal dalam pencarian alamat mualaf dan penyaluran. Aplikasi Mualaf ini dirancang dengan model pengembangan waterfall sebagai pembentukan dan pengembangan, sistem ini juga dibantu dengan metode analisis yang berfungsi sebagai penilaian untuk mengetahui sejauh mana sistem ini dapat diterima dengan metode pendekatan UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) yang terdiri dari beberapa variabel yaitu: Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating dan Behavioral Intention to Use System. Berdasrkan pengujian nilai dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, telah ditemukan ada dua hipotesisi yang diterima dengan baik terhadap niat menggunakan sistem dan terdapat dua hipotesis yang tidak diterima atau ditolak. Hal ini menunjukkan hasil dari pada pengujian dapat diterima dan sistem ini layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: M Sabarudin LB Sabar
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:28
Last Modified: 11 Jan 2022 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19311

Actions (login required)

View Item
View Item