Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Manggeng

Sri Afvianti, 160213084 (2021) Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Manggeng. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik  Role Playing untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Manggeng]
Preview
Text (Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Manggeng)
Sri Afvianti, 160213084, FTK, BK, 085270791183.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kejenuhan belajar merupakan hasil tekanan emosional yang konstan dan berulang, yang disosialisasikan dengan keterlibatan yang intensif dalam hubungan antar personal untuk jangka waktu yang lama. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran kejenuhan belajar siswa sebelum penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing di SMP Negeri 1 Manggeng. 2) Untuk mengetahui bagaimana gambaran kejenuhan belajar siswa sesudah penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing di SMP Negeri 1 Manggeng. 3) untuk mengetahui keefektifan pelayanan bimbingan kelompok di SMP Negeri 1 Manggeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu pendekatan (One Group Pretest-Posttest Design). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa yang mengalami kejenuhan belajar ditinjau dari 3 aspek: 1) Keletihan emosi. 2) Denpersonalisasi. 3) Menurunya keyakinan akademik. Populasi penelitian ini adalah 110 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manggeng, dan menggunakan purposive sampling, juga menggunakan Paired Sampel t test (Uji t untuk kedua sampel yang berpasangan) yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 13 siswa kelas SMP Negeri 1 Manggeng. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kejenuhan belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing yang ditujukan hasil hipotesis yaitu sig 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan kejenuhan belajar siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing di SMP Negeri 1 Manggeng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mukhlis, M. Pd, Sri Dasweni, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Kejenuhan Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Sri Afvianti
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:56
Last Modified: 14 Jan 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19333

Actions (login required)

View Item
View Item