Nilai-Nilai Filosofis Dari Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka

Thesa Carmila, 170304032 (2021) Nilai-Nilai Filosofis Dari Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck]
Preview
Text (Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck)
Thesa Carmila, 170304032, FUF, AFI, 085260965683.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Minangkabau merupakan salah satu suku di Indonesia yang menggunakan sistem kekerabatan matrilineal, dimana pembentukan garis keturunan diatur menurut garis perempuan. Masyarakat Minangkabau sangat kental dengan adat-adat yang berlaku di sana, terutama adat tentang perkawinan dan latar belakang sosial yang menghalangi hubungan kisah cinta sepasang kekasih yang berakhir dengan kematian. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji nilai-nilai filosofis adat di Minangkabau dari novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini yaitu novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka, dengan menggunakan analisis data deskriptif, konten, dan hermeneutika.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dilahirkan dalam upaya mengkritik adat Minangkabau. Adapun adat perkawinan yang ideal menurut masyarakat Minangkabau adalah perkawinan antar keluarga dekat. Perkawinan dengan perempuan luar Minangkabau dianggap akan merusak struktur adat di Minangkabau, karena sistem kekerabatan menurut garis ibu. Sedangkan nilai-nilai filosofis dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck pada ranah kekuatan cinta sebagai bentuk menghormati cinta menusia, terlepas dari ras, asal etnis, keparcayaan dan usia. Kekuatan manusia itu bukan hanya dalam akal pikirannya, bukan hanya dalam ucapannya, dan juga bukan hartanya tetapi yang lebih utama adalah kekuatan keteguhan hati, karena keteguhan hati diperlukan oleh manusia dalam hidup ini, baik dalam kehidupan spritualitas maupun dalam keseluruhan aspek kehidupan manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Thesa Carmila Thesa
Date Deposited: 13 Jan 2022 03:24
Last Modified: 13 Jan 2022 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19347

Actions (login required)

View Item
View Item