Kearifan Lokal Masyarakat Kecamatan Blang Bintang Dalam Menjaga Lingkungan Sebagai Referensi Tambahan Mata Kuliah Etnobiologi

Dede Nurheni, 170207007 (2021) Kearifan Lokal Masyarakat Kecamatan Blang Bintang Dalam Menjaga Lingkungan Sebagai Referensi Tambahan Mata Kuliah Etnobiologi. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kearifan Lokal Masyarakat Kecamatan Blang Bintang Dalam Menjaga Lingkungan Sebagai Referensi Tambahan Mata Kuliah Etnobiologi]
Preview
Text (Kearifan Lokal Masyarakat Kecamatan Blang Bintang Dalam Menjaga Lingkungan Sebagai Referensi Tambahan Mata Kuliah Etnobiologi)
Dede Nurheni, 170207007, FTK, PBL, 085370305005.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu hal yang penting dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah kearifan lokal. Dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup harus memperhatikan nilai-nilai luhur yang berlaku dalam kehidupan masyarakat. Kearifan lokal merupakan salah satu materi yang dipelajari dalam Etnobiologi. Masih terbatasnya pengetahuan mengenai kearifan lokal, dapat disebabkan karena kurangnya referensi dan terbatasnya sumber-sumber informasi yang terkait dengan kearifan lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kearifan lokal masyarakat kecamatan Blang Bintang dalam menjaga lingkungan dan mengetahui hasil uji kelayakan buku sebagai referensi tambahan mata kuliah etnobiologi. Populasi dalam penelitian ini adalah dosen ahli materi mata kuliah Etnobiologi dan ahli media FTK UIN Ar-Raniry yang berjumlah 2 orang dan seluruh masyarakat di desa Cot Mancang, Empe Bata dan Kaye Kunyet. Sampel yang digunakan terdiri dari 2 orang dosen ahli materi mata kuliah Etnobiologi dan ahli media serta 9 orang informan dari desa Cot Mancang, Empe Bata dan Kaye Kunyet. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket uji kelayakan buku. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh pertama, terdapat 2 bentuk kearifan lokal masyarakat yang masih dilestarikan yaitu tradisi adat dan hukum adat. Kedua, persentase rata-rata uji kelayakan buku oleh ahli materi sebesar 82,5% dengan kategori sangat layak. Persentase rata-rata uji kelayakan buku ahli media sebesar 91% dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa pertama, kearifan lokal masyarakat Blang Bintang dalam menjaga lingkungan terdiri dari dua bentuk yaitu, tradisi adat dan hukum adat. Kedua, produk hasil penelitian dalam bentuk buku layak untuk digunakan sebagai referensi tambahan mata kuliah Etnobiologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal, Masyarakat, Lingkungan, Referensi, Etnobiologi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dede Nurheni Dede
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:15
Last Modified: 19 Jan 2022 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19442

Actions (login required)

View Item
View Item