Penggunaan Media Pembelajaran Tabung Alam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di MIN 12 Aceh Barat

Irwanda, 170209006 (2022) Penggunaan Media Pembelajaran Tabung Alam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di MIN 12 Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Pembelajaran Tabung Alam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di MIN 12 Aceh Barat]
Preview
Text (Penggunaan Media Pembelajaran Tabung Alam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di MIN 12 Aceh Barat)
Irwanda, 170209006, FTK, PGMI, 082261638676.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Peningkatan hasil belajar peserta didik sangat dipengaruhi oleh suatu model atau media pembelajaran yang akan diterapkan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang nyata perlu dikembangkan untuk dapat meningkatkan penguasaan pembelajaran. Salah satu Media yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah media pembelajaran tabung alam. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam menggunakan media pembelajaran tabung alam di kelas V di MIN 12 Aceh Barat, (2) untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran tabung alam di kelas V di MIN 12 Aceh Barat, (3) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran tabung alam di kelas V di MIN 12 Aceh Barat. Jenis penelitian ini adalah (PTK), dan subjek adalah peserta didik kelas V MIN 12 Aceh Barat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik dan (2) lembar tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor rata-rata dalam rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru pada siklus I mencapai kategori baik dengan nilai 75% menjadi 85,7% pada siklus II dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas peserta didik pada siklus I mencapai kategori baik dengan nilai 71,3%, meningkat menjadi 82,5% pada siklus II dengan kategori sangat baik. (3) Hasil belajar peserta didik pada siklus I menunjukkan bahwa peserta didik yang memperoleh ketuntasan sebanyak 13 orang peserta didik atau 59,1%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 19 orang peserta didik atau 86,4%. Berdasarkan hal tersebut diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran tabung alam dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di MIN 12 Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irwanda Irwanda
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:24
Last Modified: 19 Jan 2022 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19450

Actions (login required)

View Item
View Item