Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Motivasi

Arani Rajeki, 160206013 (2021) Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Motivasi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Peningkatan Motivasi]
Preview
Text (Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Peningkatan Motivasi)
Arani Rajeki, 160206013, FTK, MPI, 082275083216.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26MB) | Preview

Abstract

Manajemen sarana dan prasarana adalah semua benda bergerak dan tidak bergerak yang dibutuhkan untuk menunjang penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar baik secara langsung maupun tidak langsung agar tujuan pendidikan tersebut dapat tercapai. Dengan adanya manajemen sarana dan prasrana pendidikan yang baik, maka proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SMAN 1 Blangkejeren dan kendala apa sajakah yang dihadapi dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SMAN 1 Blangkejeren. Metode dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang sarana dan prasarana, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan dengan melibatkan seluruh komponen sekolah seperti kepala sekolah, wakil kepala sarana dan prasarana, guru dan peserta didik. Usaha yang dilakukan SMAN 1 Blangkejeren dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik adalah menyediakan program kegiatan Ekstrakurikuler, Pertanian, dan Enterpreneur. Kendala dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan ialah kurangnya kesadaran peserta didik terhadap perawatan dan penjagaan sarana dan prasarana. Solusinya ialah guru memberi nasehat kepada para siswa agar lebih menjaga dan memelihara sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Arani Rajeki Jeki
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:05
Last Modified: 20 Jan 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19458

Actions (login required)

View Item
View Item