Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Motion Graphic Berbasis Smartphone Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII di MTsN 1 Nagan Raya

Teuku Agam Raihan, 170207143 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Motion Graphic Berbasis Smartphone Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII di MTsN 1 Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Motion Graphic Berbasis Smartphone Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas Viii  Di Mtsn 1 Nagan Raya]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Motion Graphic Berbasis Smartphone Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas Viii Di Mtsn 1 Nagan Raya)
Teuku Agam Raihan, 170207143, FTK, PBL, 089502725861.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kurang bervariasinya media pembelajaran di MTsN 1 Nagan Raya menyebabkan siswa merasa bosan, hal tersebut berdampak pada kurangnya interaksi belajar. Maka dari itu diperlukan suatu media yang dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan suatu media pembelajaran video animasi motion graphic berbasis smartphone pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di MTsN 1 Nagan Raya. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan model yang dikembangkan oleh M. Alessi dan Trollip dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi kelayakan dan angket respon siswa. Analisis data hasil uji kelayakan dan angket respon siswa dengan menggunakan rumus persentase. Media video animasi dikembangkan melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi kinemaster. Hasil uji kelayakan media yang dilakukan validator, mendapatkan persentase 82% dengan kriteria layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan sedikit revisi perbaikan. Hasil uji kelayakan berdasarkan isi materi yang dilakukan validator menunjukan bahwa media yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan persentase 97%. Sedangkan hasil respon siswa terhadap media pembelajaran, memperoleh persentase sebesar 87% dengan kriteria sangat positif. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan respon siswa yang diperoleh, maka media pembelajaran video animasi motion graphic berbasis smartphone pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di MTsN 1 Nagan Raya sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Motion Graphic, Smartphone Sistem Pencernaan Manusia.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Teuku Agam Raihan Agam
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:14
Last Modified: 20 Jan 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19464

Actions (login required)

View Item
View Item