Pengaruh Penggunaan Media Monopoli Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Di Kelas XI SMAN 2 Sigli

Nadia Azrina, 170207034 (2021) Pengaruh Penggunaan Media Monopoli Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Di Kelas XI SMAN 2 Sigli. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Media Monopoli Terhadap  Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi  Sistem Gerak Di Kelas XI SMAN 2 Sigli]
Preview
Text (Pengaruh Penggunaan Media Monopoli Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Di Kelas XI SMAN 2 Sigli)
Nadia Azrina, 170207034, FTK, PBL, 082272069480..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Media monopoli merupakan media permainan yang digunakan untuk menyampaikan atau menyalurkan pesan dalam proses pembelajaran. Hasil observasi di SMAN 2 Sigli pada materi sistem gerak, masih kurangnya pemanfaatkan media dalam proses belajar pembelajaran, sehingga siswa mudah merasa bosan dan berakibat rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media monopoli terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak di kelas XI SMAN 2 Sigli. Penelitian ini menggunakan pre-experimental dengan menggunakan model one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Sigli, sampel penelitian siswa kelas XI Bahasa 1 yang berjumlah 16 orang siswa dengan pemilihan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes, lembar observasi dan lembar angket. Hasil analisis motivasi siswa menggunakan lembar observasi pada pertemuan 1 yaitu 62,5% dan pada pertemuan 2 yaitu 77,08% dan analisis menggunaan lembar angket diperoleh nilai rata-rata 86,6% yang keduanya tergolong dalam kategori sangat tinggi . Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media monopoli mendapatkan nilai rata-rata pretest 63,5% dan setelah menggunakan media monopoli mendapatkan nilai rata-rata posttest 82,25%. Analisis uji t diperoleh thitung=27,17 dan ttabel=1,75, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media monopoli terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak di kelas XI SMAN 2 Sigli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil Belajar, Media Monopoli.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nadia Azrina Nadia
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:11
Last Modified: 24 Jan 2022 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19471

Actions (login required)

View Item
View Item