Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skills (HOTS) Dengan Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice (TTMC) Pada Mata Pelajaran Biologi Di MAN 4 Aceh Besar

Ika Fazira, 170207054 (2021) Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skills (HOTS) Dengan Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice (TTMC) Pada Mata Pelajaran Biologi Di MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skills (HOTS) Dengan Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice (TTMC) Pada Mata Pelajaran Biologi Di MAN 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skills (HOTS) Dengan Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice (TTMC) Pada Mata Pelajaran Biologi Di MAN 4 Aceh Besar)
Ika Fazira, 170207054, FTK, PBL, 085262214602.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Belum terbiasanya guru dalam menggunakan soal High Order Thinking Skills di MAN 4 Aceh Besar untuk melihat kemampuan kognitif siswa, maka dari itu diperlukan suatu instrumenyang dapat membantu guru dalam mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS (High Order Thinking Skills) dengan menggunakan instrumen Two Tier Multiple Choice (TTMC) pada mata pelajaran biologi di MAN 4 Aceh Besar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII di MAN 4 Aceh Besar berjumlah 73 siswa, sampel pada penelitian yaitu pada kelas XII MIA III sejumlah 24 siswa/orang, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen pada pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal HOTS dengan instrumen pada materi sistem koordinasi berbentuk two-tier multiple choice. Analisis data dengan mengkategorikan jawaban siswa, mempersentasekan dan menetapkan klasifikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal level kognitif C4 (menganalisis) memiliki persentase tertinggi tidak memahami sebanyak 49%. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal level kognitif C6 (Mencipta) memiliki persentase tertinggi tidak memahami sebanyak 44%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan siswa, High Order Thingking Skills (HOTS), Two-Tier Multiple Choice(TTMC), Sistem Koordinasi.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ika Fazira Ika
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:15
Last Modified: 21 Jan 2022 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19482

Actions (login required)

View Item
View Item