Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Melalui Konseling Kelompok dalam Mengurangi Perilaku Membolos Siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh

Rizka Fadilah Maysarah, 160213046 (2022) Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Melalui Konseling Kelompok dalam Mengurangi Perilaku Membolos Siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Melalui Konseling Kelompok dalam Mengurangi Perilaku Membolos Siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh]
Preview
Text (Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Melalui Konseling Kelompok dalam Mengurangi Perilaku Membolos Siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh)
Rizka Fadilah Maysarah, 160213046, FTK, BK, 082161044335.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

melanggar tata tertib sekolah di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) upaya yang dilakukan oleh Guru BK melalui konseling kelompok dalam mengurangi perilaku membolos siswa. (2) Faktor penyebab terjadinya perilaku membolos siswa (3) Tahap konseling kelompok dalam mengurangi perilaku membolos siwa. Penelitian ini Menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian yang terdiri dari lima responden, yaitu: Guru BK, guru wali kelas, 3 orang siswa VIII-1 yang melakukan kenakalan disekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik Analisis data antara lain, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Upaya yang dilakukan oleh Guru BK dalam mengurangi perilau bolos siswa antara lain; a. Bekerja sama dengan seluruh guru; b. Pengentasan masalah siswa tetap berdasarkan mekanisme penanganan siswa bermasalah di sekolah; c. Guru BK memberikan layanan, pemahaman dan mengikuti sesuai dengan pola 17+. (2) Faktor penyebab perilaku bolos siswa di sebabkan oleh faktor intern dan faktor ektern. (3). Tahap pelaksanaan konseling kelompok dalam mengurangi perilaku bolos siswa; a. Mengumpulkan catatan dan rekap absen; b. Membuat RPL; c. Mengumpulkan siswa pada suatu ruangan; d. Lalu memulai layanan konseling kelompok, berikut tahapan layanan konseling kelompok, yaitu; 1) Tahapan pembentukan; 2) Tahap Peralihan; 3) Tahap Kegiatan; 4) Tahap Akhir. e. Lalu membuat LPL konseling kelompok. Namun dalam masa pandemi covid-19 tingkat bolos siswa ditinjau dari pengumpulan tugas yang mana proses pengumpulan tugas dilakukan melalui whatsapp group.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Rizka Fadilah Maysarah
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:27
Last Modified: 21 Jan 2022 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19484

Actions (login required)

View Item
View Item