Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Sarana Pendidikan Di SMAN 3 Teupah Selatan Simeulue

Roni Aldi Setiawan, 150206031 (2021) Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Sarana Pendidikan Di SMAN 3 Teupah Selatan Simeulue. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Sarana  Pendidikan Di SMAN 3 Teupah Selatan Simeulue]
Preview
Text (Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Sarana Pendidikan Di SMAN 3 Teupah Selatan Simeulue)
Roni Aldi Setiawan, 150206031, FTK, MPI, 085251887504.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kemampuan dalam mengelola sangat diperlukan kepala sekolah guna pemanfaatan dan penggunaan sarana menjadi lebih baik,efektif dan efisien guna mencapai tujuan sekolah yaitu menghasilkan lulusan yang berkualitas,unggul dan kompetitif. Dalam kegiatan pengelolaan tersebut kepala sekolah membutuhkan strategi yang mumpuni agar pengelolaan sarana juga prasarana pendidikan berjalan lancar sebab pengelolaan sarana pendidikan juga mempunyai tantangan dan hambatan yang harus ditanggulangi oleh kepala sekolah dengan strategi yang jitu dan mumpuni.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kewajiban kepala sekolah dalam pengelolaan sarana pendidikan,Tanggung Jawab kepala sekolah dalam pengelolaan sarana pendidikan,hambatan kepala sekolah dalam pengelolaaan sarana pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif.Subjek penelitian adalah kepala sekolah,wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana dan guru.Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil peneltian menunjukan bahwa : Kepala sekolah telah menjalankan kewajibannya dengan baik dalam pengelolaan sarana dengan membuat program seperti renstra,serta melaksanakan pengelolaan sarana sesuai dengan visi misi sekolah dan juga pengelolaan anggaran, kepala sekolah juga bertanggung jawab sebagai manajer mulai dari perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pemeliharaan hingga evaluasi sedangkan sebagai leader kepala sekolah selalu memberikan teladan dan motivasi bagi bawahannya,kepala sekolah dalam perannya dalam pengelolaan sarana juga sering menemukan hambatan, adapun hambatan dalam pengelolaan sarana pendidikan di SMAN 3 teupah selatan simeulue adalah dana pengadaaan dan dana pemeliharaan yang terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.Sri Rahmi.MA Pembimbing II : Tihalimah,MA
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Sekolah, Sarana Pendidikan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Roni Aldi Setiawan
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:31
Last Modified: 21 Jan 2022 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19490

Actions (login required)

View Item
View Item