Kajian Tingkat Keanekaragaman Hayati Di Lingkungan Sekitar Sekolah SMAN 1 Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Pendukung Materi Keanekaragaman Hayati

Melsa Arnia Nissa, 170207027 (2021) Kajian Tingkat Keanekaragaman Hayati Di Lingkungan Sekitar Sekolah SMAN 1 Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Pendukung Materi Keanekaragaman Hayati. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kajian Tingkat Keanekaragaman Hayati Di Lingkungan Sekitar Sekolah SMAN 1 Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Pendukung Materi Keanekaragaman Hayati]
Preview
Text (Kajian Tingkat Keanekaragaman Hayati Di Lingkungan Sekitar Sekolah SMAN 1 Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Pendukung Materi Keanekaragaman Hayati)
Melsa Arnia Nissa, 170207027, FTK, PBL, 085370399678.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi seharusnya dilakukan secara kontekstual dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai media pedukung materi, terutama pada materi Keanekaragaman Hayati di SMAN 1 Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Namun sayangnya siswa masih merasa sulit mengelompokkan tingkatan keanekaragaman hayati terutama yang terdapat di lingkungan sekolah mereka. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui tumbuhan dan hewan apa saja yang terdapat di lingkungan sekitar sekolah, untuk mengetahui tingkatan keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar sekolah, uji kelayakan dan respon terhadap buku saku yang dihasilkan. Metode dalam penelitian ini adalah metode ekplorasi (jelajah) dan penentuan titik pengamatan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan mengarsir 5 stasiun pengamatan. Stasiun I merupakan depan sekolah yang berdekatan dengan jalan raya, stasiun II samping kanan sekolah yang bersebelahan dengan kebun, stasiun III samping kiri sekolah yang juga berdekatan dengan kebun sekolah, stasiun IV tengah sekolah yang berupa taman sekolah dan banyak ditumbuhi oleh tanaman dan stasiun V lokasi belakang sekolah yang lokasinya berdekatan dengan aliran sungai. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Data hasil penelitian didapat 56 spesies yang terdiri dari 39 spesies tumbuhan dan 17 spesies hewan. Tingkatan keanekaragaman hayati yang terdapat di lingkungan sekolah ada 2, yaitu keanekaragaman tingkat gen dan keanekaragaman tingkat spesies. Kelayakan buku oleh ahli materi memperoleh nilai 85% yang berarti sangat layak dan ahli media mendapatkan persentase nilai 83,46% yang berarti sangat layak. 4. Respon guru terhadap buku saku yang dihasilkan mendapat nilai 100% dan siswa mendapat nilai 87,8% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman Hayati, Lingkungan Sekolah, Kelayakan, Respon.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Melsa Arnia Nissa Melsa
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:32
Last Modified: 24 Jan 2022 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19511

Actions (login required)

View Item
View Item