Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN 11 Banda Aceh

Multika Sari, 150209104 (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar  Berbasis Model Discovery Learning]
Preview
Text (Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Discovery Learning)
Multika Sari, 150209104, FTK, PGMI, 085763279287.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manfaat Pengembangan Bahan Ajar dalam proses pembelajaran sangatlah penting, hal ini dapat memotivasi siswa dalam menerima dan memahami materi. Dengan menerapkankan bahan ajar yang berbabis discovery learning pada pembelajaran tematik. Dalam menjelaskan pembelajaran tematik guru tidak hanya menjelaskan tentang konsep yang bersifat hafalan ataupun tulisan, namun bagaimaan cara mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari dengan lingkungannya. Aakan tetapi pada kenyataanya adanya ketidak sesuain sehingga siswa kurang memperhatikan pembelajaran yang disampaikan guru seperti tidak bertanya, tidak memberi saran, dan tidak mau mengeluarkan pendapat. Maka penelitian ini bertujuan untuk melihat peran bahan ajar yang melibatkan pendidik dan peserta didik, dengan menerapkan pengembangan bahan ajar berbasis model discovery learning pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner yang merupakan Teknik pengumpulan data dengan cara memberi seperangkat atau pernyataan tertulis kepada responden yaitu dosen PGMI dan guru kelas IV MIN 11 Banda Aceh untuk dijawab. Berdasarkan hasil validasi angket dengan dosen pada tahap I dengan kategori layak dengan persentase kelayakan 1,05 dan pada tahap validasi angket dosen tahap II dengan kategori sangat layak dengan persentase kelayakan 1,07. Pada tahap III validasi angket dengan guru MIN 11 Banda Aceh denga kategori sangat layak dengan nilai persentase 1,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis model discovery learning pada pembelajaran tematik dapat dikembangkan dan dapat digunakan oleh pendidik di kelas IV MIN 11 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Depositing User: Multika Sari Multika
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:26
Last Modified: 27 Jan 2022 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19568

Actions (login required)

View Item
View Item