Pandangan dan Praktek Berlaku Adil dalam Berpoligami Berdasarkan Pemahaman Surat al-Nisa’ Ayat 3 pada Organisasi Global Ikhwan

Yurdha Fitri, 170303015 (2021) Pandangan dan Praktek Berlaku Adil dalam Berpoligami Berdasarkan Pemahaman Surat al-Nisa’ Ayat 3 pada Organisasi Global Ikhwan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pandangan dan Praktek Berlaku Adil dalam Berpoligami]
Preview
Text (Pandangan dan Praktek Berlaku Adil dalam Berpoligami)
Yurdha Fitri, 170303015, FUF, IAT, 089603826652.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Alquran menetapkan bahwa suami harus berlaku adil dalam berpoligami. Namun poligami banyak ditolak orang karena menganggap bahwa suami susah untuk berlaku adil. Sementara itu organisasi Global Ikhwan mengajarkan poligami dan anggota-anggotanya semua setuju akan adanya poligami dengan konsep adil yang terus diusahakan oleh sang suami. Sehingga, peneliti tertarik untuk mengkaji hal ini dengan tujuan untuk mengetahui pandangan dan praktek berlaku adil dalam berpoligami pada organisasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Global Ikhwan memahami adil dalam berpoligami berbentuk material dan immaterial kecuali persoalan hati. Hal ini sesuai dengan pemahaman Imam Qurt}ubi>, Buya Hamka, Ibnu Katsi>r, al-Mara>ghi>, Sayyid Qutb dan Wahbah Zuhaili. Pada prakteknya kebanyakan perempuan yang dipoligami pada organisasi tersebut mengakui bahwa mereka diperlakukan adil oleh suaminya. Mereka yakin bahwa suami mereka senatiasa berusaha berlaku adil meskipun terkadang keyakinan tersebut bercampur dengan keraguan pada aspek-aspek kecil saja. Namun dalam hal ini mereka rida, karena ketaatan dan keyakinan mereka bahwa keadilan suami itu sangat bergantung pada keridaan istri. Ajaran ini, belum ditemukan pada para mufassir yang menafsirkan bahwa keadilan dalam berpoligami itu sangat bergantung kepada keridaan istrinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Yurdha Fitri Yurdha
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:09
Last Modified: 27 Jan 2022 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19575

Actions (login required)

View Item
View Item