Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Suka Makmur Aceh Besar

Putri Nazirah, 160201057 (2021) Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Suka Makmur Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kompetensi  Pedagogik  Guru  Pendidikan  Agama Islam di SMA Negeri 1 Suka Makmur Aceh Besar]
Preview
Text (Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Suka Makmur Aceh Besar)
Putri Nazirah, 160201057, FTK, PAI, 082277102444.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru dapat digunakan untuk memahami siswa dengan baik dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif serta menyenangkan. Akan tetapi kenyataannya masih terdapat sebagian guru PAI di SMA Negeri 1 Suka Makmur Aceh Besar yang belum memenuhi kompetensi pedagogik. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas kompetensi pedagogik guru PAI di SMA Negeri 1 Suka Makmur Aceh Besar? Apa saja faktor penghambat dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI? Upaya apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa efektivitas kompetensi pedagogik guru PAI belum memiliki kompetensi pedagogik yang baik berdasarkan hasil wawancara dan dibuktikan dari hasil observasi. Adapun faktor penghambatnya ialah kurangnya kesadaran, minat dan motivasi guru dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas kemampuan yang dimilikinya, rendahnya SDM guru yang masih gagal teknologi, kurangnya sarana dan prasarana pendukung pembelajaran, kurangnya pengalaman guru dalam penerapan model-model pembelajaran, serta jarang mendapatkan pelatihan pedagogik. Sementara upaya yang telah dilakukan adalah dengan menyiapkan perangkat pembelajaran, mengikuti pelatihan-pelatihan dan memperluas wawasan ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Juairiah Umar, M.Ag Pembimbing II : M. Yusuf, S.Ag, M.A
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Nazirah Putri
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:29
Last Modified: 27 Jan 2022 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19584

Actions (login required)

View Item
View Item