Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP

Nurul Izzah, 160205078 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation)
Nurul Izzah, 160205078, FTK, PMA, 085262131166.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan disekolah-sekolah pada semua jenjang. Tujuan pembelajaran matematika diajarkan di sekolah mengisyaratkan bahwa kemampuan penalaran merupakan syarat utama dalam proses pembelajaran. Kemampuan penalaran matematis sangat diperlukan dalam menyelesaikan persoalan matematika. Namun faktanya kemampuan penalaran masih tergolong rendah, sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi dalam matematika, menumbuhkan kemampuan berpikir mandiri, keterlibatan siswa secara aktif dapat terlihat dari awal pembelajaran hingga akhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada siswa SMP. Metode penelitian adalah penelitian pre-experimental dengan one group pre-test post-test design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Ingin Jaya, dengan sampel penelitiannya kelas VIII-D sebanyak 25 orang yang dipilih secara simple random sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan tes kemampuan penalaran matematis siswa dengan analisis data melalui statistik inferensial. Dengan cara memberikan pre-test diawal dan post-test diakhir setelah diterapkan model tersebut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel yaitu 18,14>1,708 berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan penalaran matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Izzah Nurul
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:49
Last Modified: 28 Jan 2022 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19597

Actions (login required)

View Item
View Item