Perancangan Media Pembelajaran Hukum Newton Menggunakan Macromedia Flash 8 dengan Metode Computer Based Learning Di Smk Negeri 5 Telkom Banda Aceh

Aya Sophia, 180212040 (2022) Perancangan Media Pembelajaran Hukum Newton Menggunakan Macromedia Flash 8 dengan Metode Computer Based Learning Di Smk Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang perancangan media pembelajaran hukum newton menggunakan macromedia flash 8 dengan metode computer based learning  di smk negeri 5 telkom banda aceh]
Preview
Text (Membahas tentang perancangan media pembelajaran hukum newton menggunakan macromedia flash 8 dengan metode computer based learning di smk negeri 5 telkom banda aceh)
Aya Sophia, 180212040, FTK, PTI, 085270424558.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan zaman perubahan teknologi semakin canggih dan menuntut manusia untuk terus mengikuti perkembagan teknologi, di dalam teknologi dibagi menjadi beberapa bidang, salah satunya bidang pendidikan. Bidang pendidikan membutuhkan media pembelajaran untuk membantu proses belajar dan mengajar. Media pembelajaran yang menarik dan interaktif dapat membantu para guru untuk menjelaskan bahan pelajaran yang rumit, contohnya pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk perancangan media pembelajaran hukum Newton dengan menggunakan metode pembelajaran computer based learning pada sekolah tersebut. Penelitian dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2021 – 14 Januari 2022. Penelitian ini menggunakan pengembangan research and development. Teknik dalam pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Langkah dalam penelitian ini dimulai dari observasi, perencanaan, desain produk, pembuatan produk, validasi produk, revisi produk, uji coba, pembagian angket, analisis dan hasil produk. Media pembelajaran in telah di validasi oleh ahli media dengan nilai 92%, dan guru sebagai ahli materi sebesar 89,23% dengan kategori sangat bagus sekali digunakan sebagai bahan ajar Fisika materi hukum Newton. Uji coba yang telah dilakukan oleh 30 siswa pada kelas X RPL 1 SMK Negeri 5 Banda Aceh yang mengikuti mata pelajaran Fisika mendapatkan nilai 73,56%, dapat dibuktikan bahwa media pembelajaran Fisika hukum Newton ini sangat bagus serta menarik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Aya Sophia Aya
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:06
Last Modified: 03 Feb 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19636

Actions (login required)

View Item
View Item