Peran Modal Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Pada Masa Covid-19 Di Gampong Lamkeunung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar

Anisa, 170404035 (2022) Peran Modal Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Pada Masa Covid-19 Di Gampong Lamkeunung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Modal Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Pada Masa Covid-19 Di Gampong Lamkeunung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar]
Preview
Text (Peran Modal Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Pada Masa Covid-19 Di Gampong Lamkeunung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)
Anisa, 170404035, FDK, PMI, 085399781265.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Peran Modal Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Pada Masa Covid-19 Di Gampong Lamkeunung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Masalah penelitian dirumuskan menjadi dua: Pertama, Bagaimana proses muncul dan berkembangnya UMKM Gampong Lamkeunung. Kedua, Bagaimana peran modal sosial dalam peningkatan UMKM pada masa covid-19 di Gampong Lamkeunung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan pertama, untuk mengetahui bagaimana proses muncul dan berkembangnya UMKM Gampong Lamkeunung. Kedua, untuk mengetahui bagaimana peran modal sosial dalam peningkatan UMKM pada masa covid-19 di Gampong Lamkeunung kecamatan Darussalam kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: proses muncul dan berkembangnya UMKM diGampong Lamkeunung bermula dari maraknya wabah covid-19 yang hampir membuat semua kegiatan di luar terhenti, di samping keterbatasan kegiatan yang dilakukan membuat pengurus PKK melakukan berbagai trobosan untuk membangun masyarakat yang sejahtera dengan inovasi yang sudah dimiliki para pelaku usaha. Berbagai usaha dalam mengembangkan kreatifitas yang menghasilkan produk-produk yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat semakin ditingkatkan. Harapan dibentuknya kelompok di bawah wadah UMKM ini agar mampu meningkatkan sumber daya manusia, ekonomi dan jaringan. Suatu kelompok tentunya harus ada kerjasama dan saling percaya antara satu pihak dengan pihak lain, hal ini yang disebut sebagai modal sosial yang mampu menciptakan jaringan kerjasama yang menguntungkan serta mampu meningkatkan pengembangan UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial, UMKM, Covid-19
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Anisa Anisa
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:20
Last Modified: 09 Feb 2022 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19675

Actions (login required)

View Item
View Item