Tarmizi Ninoersy, 261422293 (2021) Aktualisasi Pemikiran Imam Al-Zarnūjī dalam Pengembangan Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Doctoral thesis, UIN AR-RANIRY.
Tarmizi Ninoersy, 261422293, PAI, PAI, 082297977599.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB) | Preview
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih membutuhkan pengembangan metodologi yang tepat, agar dapat melahirkan pendidikan yang islami, inovatif, kreatif, holistik dan integral serta bermuatan pesan moral religius yang menjadi substansi dalam setiap aspek kehidupan demi keberhasilan dalam mengelola potensi intelektual yang berelasi secara metodologi antara emosional, sosial dan spiritual. Disertasi ini mengangkat konsep metodologi pembelajaran dari pemikiran imam al-Zarnuji dalam kitab Ta’limu al-Mutaallim sebagai usaha dalam memberi jawaban pada permasalahan berikut; bagaimanakah konsep metodologi pembelajaran dalam perspektif imam al-Zarnūjī?, dan bagaimanakah pengembangan metodologi imam al-Zarnūjī dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam?. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka dengan jenis penelitian kualitatif serta menggunakan pendekatan analisis interpretatif melalui metode hermeneutika terhadap aktualisasi pemikiran imam al-Zarnūjī dalam pengembangan metodologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan tujuan mengembangkan metodologi pembelajaran berbasis konsep pemikiran imam al-Zarnūjī dalam kitab Ta’limu al-Mutaallim. Penelitian ini memberikan landasan filosofis tentang konsep metodologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai implementasi pendidikan Islami dalam membentuk intelektual, emosional dan spiritual peserta didik. Temuan dalam kajian ini adalah; Secara konsep, metodologi pembelajaran dalam perspektif imam al-Zarnūjī adalah pembelajaran dengan sistem trilogi relasi metodologi yang saling berkaitan antara konsep trilogi pendidikan dengan konsep trilogi filsafat ilmu pengetahuan, yakni relasional antara kognitif, afektif dan psikomotorik dengan ontologi, epistemologi dan aksiologi. Secara metodologis penelitian ini menemukan empat prinsip pembelajaran, yaitu prinsip al-Hikmah, al-Batini, al-Ta’mizi dan al-Tawakkuli, enam metode pembelajaran, yaitu metode al-Munazarah, al-Isytirakiyah, al-Muwazabah, al-Mutala’ah, al-Syafaqah, al-Muzakharah dan tiga strategi pembelajaran, yaitu strategi al-Takhṭīṭī, al-Ta`dībī, dan al-Mudāwamah.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Prof. Dr. Warul Walidin AK., MA Pembimbing II : Dr. Hasan Basri, MA |
Uncontrolled Keywords: | Aktualisasi, Pemikiran Al-Zarnūjī, Metodologi, Pembelajaran PAI |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3203 Metodologi 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran > 2X7.42 Pembaharuan dan Pemikiran dalam Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tarmizi Ninoersy Tarmizi |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 05:20 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 05:20 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19688 |